Search
Jumat 21 Juni 2024
  • :
  • :

Indosat Ooredoo Wadahi yang Suka Drone dalam Multirotor Pilots Community

MAJALAH ICT – Jakarta. Penggunaan drone dalam waktu beberapa tahun belakngan ini makin marak di Indonesia. Hal ini mendorong Indosat meresmikan Multirotor Pilots Community sebagai bagian dari Indosat Ooredoo Sport and Art Club (ISAC) yang sebelumnya sudah ada. Komunitas tersebut dibentuk untuk menjadi wadah bagi karyawan yang memiliki kegemaran pada teknologi drone.

“Kini karyawan Indosat Ooredoo dapat berkumpul di dalam Multirotor Pilots Community untuk berbagi pengetahuan dan berdiskusi seputar teknologi drone,” ungkap President Director & CEO Indosat Ooredoo Alexander Rusli. Indosat Ooredoo Multirotor Pilot Community bekerjasama dengan Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) yang menaungi profesionalisme dan keselamatan penerbangan drone di Indonesia dan juga dengan Indonesian Drone Race Federation (IDRF).

Penggunaan teknologi drone digunakan oleh pehobi untuk menghasilkan video dan foto aerial yang memukau. Bagi professional drone digunakan untuk kepentingan survey perencanaan lahan berskala besar baik itu pembangunan, perkebunan, serta penanganan bencana alam. Kemajuan teknologi digital dapat dimanfaatkan di berbagai bidang, terutama guna meningkatkan daya saing sehingga nantinya bisa berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia.

Dengan kehadiran komunitas ini, Indosat Ooredoo berharap akan muncul inovasi-inovasi yang bisa dirasakan oleh pelanggan melalui pemanfaatan drone dan berkontribusi maksimal di peta bisnis digital. Hal ini sejalan dengan visi Indosat Ooredoo. Pemanfaatan teknologi drone bagi perusahaan telekomunikasi dan digital seperti Indosat Ooredoo dapat difokuskan kepada pengembangan digital services.

Sebagai contoh pengaplikasiannya yaitu pengiriman barang secara airborne, pembuatan virtual reality video sebagai alat pendidikan, bahkan untuk memproduksi 3D digital imaging. “Hal itu yang dapat membantu proses inventori menara, jalur fiber optic serta infrastruktur lainnya,” tuturnya.