Search
Minggu 14 April 2024
  • :
  • :

Indosat Raih Frost & Sullivan Indonesia Excellence Award 2013

MAJALAH ICT – Jakarta. Indosat Tbk kembali meraih penghargaan Frost & Sullivan Indonesia Excellence Award 2013 untuk kategori Data Center Services Provider of The Year 2013. Penghargaan ini merupakan penghargaan yang diberikan oleh Frost & Sullivan bekerjasama dengan MASTEL bagi para pelaku industri telekomunikasi Indonesia.

Indosat telah meraih Frost & Sullivan Indonesia Excellence Award sejak tahun 2008. Penghargaan untuk kategori Data Center Services Provider of The Year 2013 ini adalah penghargaan yang diterima Indosat dua tahun berturut-turut pada 2012 dan 2013. Penghargaan memberikan bukti komitmen Indosat berikan layanan terbaik dalam mendukung kesinambungan bisnis (business continuity), 

"""Kami sangat bangga dan bergembira menerima penghargaan ini selama 2 tahun berturut-turut. Layanan IT services Indosat, termasuk Data CenterDisaster Recovery CenterManaged Services dan Cloud merupakan salah layanan Indosat Business yang hadir dengan solusi terbaik untuk memastikan kesinambungan bisnis pelanggan tetap terjaga,” demikian disampaikan Fadzri Sentosa, Director & Chief Wholesale and Infrastructure Officer Indosat.

"Saat ini kompetisi di dunia bisnis dan di lain pihak ekspektasi pelanggan atas layanan suatu perusahaan sangat tinggi sehingga perusahaan dituntut untuk tetap dapat melayani pelanggan dengan baik, tanpa gangguan operasional akibat terganggunya sistem komputer. Dengan demikian, hal terbaik yang dilakukan perusahaan adalah fokus pada core-business tanpa disibukan dengan pengelolaan data center/DRC/sistem komputer,” tambah Fadzri.

Fokus dan komitmen Indosat terhadap peningkatan mutu layanan dibuktikan dengan multisite data center danmultisite cloud infrsastructure pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan sertifikasi ISO 27000 untuk manajemen keamanan sistem informasi (Information Security and Management System/ISMS) dan ISO 9001untuk manajemen kualitas. Tidak berhenti di situ saja, Indosat juga dalam proses sertifikasi OHSAS 18001 untuk kesehatan dan keselataman kerja dan Uptime Institute untuk sertifikasi keberlangsungan sistem computer di fasilitas Data Center/Disaster Recovery Center yang dimiliki Indosat dan yang terakhir adalah sertifikasi ISO 20000 untuk IT Service Management yg mengacu kepada framework ITIL.

Menurut Ajay Sunder, Senior director ICT Research Asia Pasific, Frost & Sullivan, "Indosat telah membuktikan dirinya sebagai pemimpin penyedia layanan data center di Indonesia. Fokus pada layanan Disaster Recovery Center menjadi factor diferensiasi yang membuat Indosat sukses. Peningkatan kebijakan keamanan dengan ISO 27001 dan peningkatan kolaborasi dengan ACASIA data center alliance juga memberikan nilai tambah bagi pelanggan Bisnis dankolaborasi dengan Dimension Data juga memperkuat keseluruhan layanan cloud.”

Semakin besar suatu bisnis, semakin besarnya tuntutan layanan 24 jam yang tersedia dalam berbagai media layanan baik termasuk layanan online, akan membuat suatu bisnis semakin tergantung pada layanan IT Services seperti Data Center/DRC, Cloud dan Managed Services sehingga Indosat terus mengembangkan layanan IT Services ini dengan ekspansi kapasitas Data Center seluas lebih dari 5.500m2 selain dari proses sertifikasi yang sedang berjalan.

"Kekuatan dan kemampuan data center yang telah terbukti tahan menghadapi bencana, kolaborasi dengan mitra global dan portofolio layanan yang inovatif memberikan platform yang kuat bagi Indsoat dalam mendorong pertumbuhan di masa depan," ujar Ajay.