Search
Senin 15 Juli 2024
  • :
  • :

Indosat Tahan 2,5 MHz Frekuensi Star One untuk Amankan 3G 900 MHz

MAJALAH ICT – Jakarta. Agak unik dengan apa yang disampaikan Presiden Direktur PT Indosat Tbk Alexander Rusli mengenai 2,5 GHZ frekuensi yang dimiliki Indosat di 850 MHZ dan saat ini dipakai star One. Alex menolak untuk me-merger-kan StarOne dengan operator lainnya mengingat di pita tersebut tidak harus digunakan untuk CDMA. "Tidak lah, karena arah merger itu dinilai tak menguntungkan Indosat. Frekuensi 800 MHz itu kan tidak harus dipakai untuk CDMA dan FWA, bisa kami pakai untuk yang lain," tuturnya.

Dikatakan unik karena kondisi Star One sendiri yang seperti ada tapi tiada, atau tiada tapi ada. Sejak era Dirut dipegang Harry Sasongko sudah santer Star One akan dilego karena tidak menguntungkan bagi Indosat.

Apakah bisa frekuensi 2,5 MHz dipakai teknologi lain? Memang agak sulit sebab untuk LTE, optimalnya pada 15-20 MHz, sementara 3G ektension dari 900 MHz butuh 5 MHz. Yang mungkin dilakukan adalah tetap menahan 2,5 MHz di 850 MHz untuk mengamankan interferensi di band utama Indosat yang sekarang dipakai untuk 3G, di 900 MHz.