Search
Rabu 17 April 2024
  • :
  • :

Informasi Stok Darah Kini Real Time Melalui WWW.AYODONOR.PMI.OR.ID

MAJALAH ICT – Jakarta. Dengan mengakses website Ayo Donor ini yakni www.ayodonor.pmi.or.id, masyarakat akan semakin mudah mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat terkait lokasi untuk melakukan donor darah, informasi stok darah yang tersedia di UDD PMI seluruh Indonesia.

"Dan kami berharap program ini dapat mendukung PMI untuk mempermudah masyarakat dalam berpartisipasi untuk kegiatan donor darah," demikian disampaikan Alexander Rusli, President Director & CEO Indosa

Ayo Donor memuat informasi tentang pelayanan donor darah yang real time, termasuk informasi stok darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI se-Indonesia dan lokasi donor darah di kabupaten/kota di Indonesia, sehingga akan lebih memudahkan masyarakat menjadi pendonor dan mencari kantong darah.Di dalam situs Ayo Donor ini, masyarakat dapat mengetahui kegiatan terkini dari PMI terkait donor darah. 

Salah satu target PMI adalah menjaring donor darah sukarela dari kalangan generasi muda. Hal inisesuai dengan kampanye yang terus didengungkan PMIyaitu menjadikan donor darah sebagai gaya hidup. Untuk menjaring pendonor muda, PMI berkolaborasi dengan Agensi Periklanan Leo Burnett membuat aplikasi donor darah "bloodbook”. 

"Bloodbook bukan sekedar sebuah aplikasi, tapi aplikasi yang menjawab kebutuhan dan kepentingan orang banyak,” kata Anne Ridwan, Managing Director Leo Burnett.

Seperti halnya Ayo Donor, aplikasi bloodbook mendorong masyarakat untuk menjadi donor darah sukarela, terutama menjadi donor darah pengganti untuk membantu orang lain yang membutuhkan darah melalui jejaring pertemanan Facebook. 

"Kita sering menerima pesan melalui SMS tentang orang yang mencari darah saat darurat,meski kadang informasi ini belum tentu benar atau hoax. bloodbook mempertemukan orang yang membutuhkan darah dengan para pendonor yang merupakan teman kita sendiri. Jadi melalui bloodbook, kita tidak perlu ragu lagi untuk menolong dan memberikan darah kita kepada orang lain,” jelas Anne Ridwan.

Sistem informasi Ayo Donor dan bloodbook dibuat bersinergi dan saling mendukung satu sama lain. Saat ini Ayo Donor dan bloodbook telah dapat diakses oleh masyarakat melalui alamat:  http://ayodonor.pmi.or.id danhttp://bloodbook.pmi.or.id.