Search
Kamis 24 Juni 2021
  • :
  • :

Ini Tips dari Zilingo Mengenai Pertanyaan yang Wajib Anda Ajukan ke Calon Supplier

MAJALAH ICT – Jakarta. Memilih supplier merupakan sebuah keputusan bisnis yang vital. Dikarenakan keputusan tersebut mempengaruhi harga, pengiriman, kualitas, pengalaman pelanggan dan akhirnya menentukan keuntungan. Bisnis ritel sangat bergantung pada siapa supplier yang dipilih. Maka dari itu, penting untuk memilih mitra yang tepat untuk membangun hubungan jangka panjang yang bermanfaat dan menguntungkan kedua belah pihak.

Aadi Vaidya, Chief Operating Officer, Zilingo mengatakan, “Sebagai platform solusi bisnis satu atap, kami sangat mengerti pentingnya supplier yang baik agar dapat mempertahankan kualitas produk dan layanan pelanggan yang luar biasa. Melalui Zilingo Trade, kami memiliki jaringan supplier terpercaya yang terjamin keunggulannya. Kami juga ingin mengedukasi dan mendorong pelaku usaha Indonesia untuk mengembangkan bisnis secara digital agar dapat menjangkau pasar B2B yang lebih luas. Platform kami, zilingotrade.id menyediakan akses ke berbagai macam pilihan produk, proses logistik yang seamless dan kemitraan dengan penyedia kredit untuk penawaran eksklusif bagi pelanggan Zilingo.”

Untuk memudahkan pelaku usaha, tim Zilingo sudah mengumpulkan sebuah daftar yang berisi tujuh pertanyaan yang wajib ditanyakan kepada calon supplier:

  1. Berapa lama periode waktu yang ideal untuk memenuhi permintaan?

Pelaku usaha harus betul-betul memperhatikan berapa lama Anda ingin menunggu dari mengajukan permintaan sampai barang diterima. Persyaratan ini harus disampaikan dengan baik dan jelas kepada calon supplier. Akan lebih baik jika Anda memilih supplier yang memproduksi bahan baku sendiri dan menawarkan beberapa pilihan pengiriman.

  1. Berapa banyak kuantitas order maksimum dan minimum yang ada?

Jawaban dari pertanyaan ini dapat menjadi tolak ukur untuk Anda mengukur berapa banyak produk yang bisa Anda pesan sekaligus. MOQ (Kuantitas Order Minimum) juga berpengaruh langsung terhadap arus kas bisnis, dikarenakan MOQ menentukan berapa banyak uang yang disalurkan untuk stok produk. Jika supplier Anda memiliki MOQ yang tinggi, makan Anda akan berkelimpahan aset dan memiliki kas yang lemah, dan ini akan berimbas pada anggaran lain seperti marketing, advertising dan growth.

  1. Apakah mereka menyediakan dropshipping?

Dropshipping memungkinkan supplier untuk melakukan pengiriman produk langsung ke pelanggan. Dropshipping dapat menjadi hal yang sangat menarik bagi bisnis rumahan baru dan kecil berbasis online, dikarenakan dropshipping memungkinkan pelaku usaha untuk menjual berbagai macam produk tanpa harus menyetok inventaris di gudang. Dalam memilih supplier yang tepat, Anda harus memastikan bahwa supplier Anda menyediakan dropshipping yang berkualitas.

  1. Bagaimana proses jaminan kualitasnya?

Kualitas sebuah produk yang akan dipasarkan brand Anda akan bergantung pada bahan baku yang didapatkan dari supplier. Anda perlu mengecek langkah-langkah apa saja yang diambil vendor Anda untuk memastikan kualitas produk yang terbaik. Jangan sungkan untuk meminta sampel untuk memastikan kualitas dari bahan baku tersebut.

  1. Apa saja syarat ketentuan pembayaran yang dijalankan?

Banyak usaha-usaha kecil yang terdampak pandemi sehingga harus gulung tikar. Maka dari itu, pelaku UMKM mulai memperbaiki ketentuan pembayaran mereka untuk bertahan dan berkembang ketika ekonomi negara kembali normal. Pelaku usaha perlu memastikan syarat dan ketentuan pembayaran yang ada dapat memperbaiki likuiditas bisnis, sehingga Anda dapat membayar tagihan dan menghindari defisit maupun utang.

  1. Apa saja kebijakan pengembalian yang dimiliki?

Dalam memilih supplier yang tepat, kebijakan pengembalian adalah sesuatu yang wajib dimiliki. Anda perlu memastikan bahwa supplier tersebut menyediakan kebijakan pengembalian yang jelas dan ringkas. Hal ini akan membawa rasa keamanan bagi Anda, bahwa apa yang Anda beli terjamin mutunya.

  1. Bagaimana standar komunikasinya?

Daya tanggap supplier Anda dan kemampuan mereka dalam berkomunikasi lintas bahasa (terutama untuk supplier dari luar negeri) merupakan dua hal penting yang harus dikonfirmasikan. Komunikasi yang baik antara pelaku usaha dan supplier akan menghasilkan alur pengadaan yang mulus yang akan berdampak baik bagi performa bisnis Anda.

Terlebih dahulu menetapkan kriteria tertentu dapat membantu Anda mengevaluasi calon supplier dan memastikan Anda tidak kelewatan hal-hal yang penting dikonfirmasikan. Zilingo Trade siap untuk membantu bisnis-bisnis Indonesia untuk menemukan supplier yang tepat bagi bisnis Anda. Sebagai platform solusi bisnis satu atap, Zilingo Trade telah menyediakan kenyamanan untuk memilih berbagai macam bahan baku hingga produk jadi secara online. Pilihan penjual terbaik dari berbagai kategori pun sudah siap tersedia untuk membantu mengoptimalkan bisnis Anda. Mulai dari kategori gaya hidup, fesyen, FMCG, elektronik dan masih banyak lagi.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *