Search
Minggu 14 Juli 2024
  • :
  • :

Inilah 6 Anggota BRTI yang Terpilih Wakili Masyarakat

MAJALAH ICT – Jakarta. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika akhirnya mengumumkan enam Anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI). Pengumuman dilakukan oleh Ketua Panitia Seleksi Basuki Yusuf Iskandar.

Keenam anggota KRT-BRTI 2015-2018 yang terpilih mewakili unsur masyarakat adalah Dr. Agung Harsoyo, Dosen ITB bidang teknologi, I Ketut Pribadi Kresna SH, LLM, praktisi hukum dan regulasi Telekomunikasi (bidang Hukum), Dr. Muhammad Imam Nashiruddin ST.MT, PT Indosat (Bidang Ekonomi Mikro/Bisnis), Rolly Rochmad Purnomo ST, MM, MSIS, PhD, dari KPPU dan Bappenas (Bidang Kebijakan Publik), Dr. Rony Mamur Bishry MA, dari BPPT (Bidang ekonomi makro) dan Dr. Ir. Taufik Hasan DEA, dosen universitas Telkom dan praktisi (bidang kebijakan Publik).

"Keenam anggota KRT-BRTI terpilih ini dari unsur masyarakat nantinya akan bekerja bersama dengan tiga anggota KRT-BRTI dari unsur pemerintah yaitu Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI), Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos, serta satu Staf khusus," Kata Ketua Pansel Calon Anggota KRT-BRTI, Basuki Yusuf Iskandar, dalam jumpa pers di Kantor Kominfo.

Menurut Basuki, proses seleksi calon KRT-BRTI periode 2015-2018 ini dari unsur masyarakat dimulai dengan pendaftaran secara terbuka melalui online Kominfo.go.id pada 24 Februari 2015 hingga 13 Maret 2015 kemudian diperpanjang pada 20 Maret 2015. "Hal ini untuk memberikan kesempatan yang lebih luas kepada para pakar atau profesional dibidang telekomunikasi/TIK, hukum, ekonomi, dan kebijakan publik terutama berasal dari P. Jawa untuk mendaftarkan sebagai calon," kata Basuki

Jumlah pendaftaran sampai akhir penutupan pendaftar berjumlah 149 peserta. Dari 149 peserta yang mendaftar, sebanyak 72 peserta dinyatakan lulus tahapan administrasi yang diumumkan 23 Maret 2015. Kemudian pada 26 Maret dilakukan Tes Potensi Akademik(TPA) terhadap 64 peserta yang hadir dari 72 peserta yang diumumkan. Pansel kemudian mengumumkan 36 peserta yang lulus seleksi TPA pada 2 April.

Dari 36 Peserta hanya 34 peserta melakukan tahapan tes asesmen kemudian dilanjukan dengan tahapan penulisan karya tulis dan wawancara dengan Tim penilai yang dilaksanakan pada 22 Apri sd 25 April 2015. Dari 34 peserta seleksi yang lolos mengikuti tahapan tersebut, kemudian tersaring  18 peserta masuk kandidat Calon Anggota KRT-BRTI Periode 2015-2018.

"Setelah berkonsultasi dengan ahli Psikologi Prof, Dr. Sarlito Wirawan Sarwono dan Tim, Menkominfo menetapkan 6 calon anggota KRT-BRTI Periode 2015-2018. Keenam anggota KRT-BRTI bersama 3 Anggota dari Unsur Pemerintah akan dilantik oleh Menteri Kominfo pada Jumat(22/5) mendatang," pungkasnya.