Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Inilah Kolaborasi SingTel Group dan Samsung Manjakan Pelanggan

MAJALAH ICT – Jakarta. SingTel Group dan Samsung mengumumkan berbagai inisiatif kerjasama untuk memperkaya pengalaman pelanggan dalam menggunakan mobile data. Kolaborasi antara SingTel Group dan Samsung akan menghasilkan diferensiasi layanan dan membuat kedua pihak menjadi semakin kompetitif.

Apa saja yang dikolaborasikan antara SingTel Group dimana salah satu anak perusahaannya ada di Indonesia, Telkomsel, dengan Samsung? Inisiatif kerjasama tersebut meliputi marketing, konten dan teknologi. Kolaborasi yang dilakukan mencakup kolaborasi retail, direct carrier billing, pengembangan aplikasi mobile dan akses langsung ke aplikasi. 

Kolaborasi dalam hal retail akan mempermudah pelanggan dalam memenuhi kebutuhan smartphone mereka melalui penyediaan one-stop shop di pusat penjualan Samsung dan para operator yang tergabung di SingTel Group.

Jika pada umumnya pelanggan mendapatkan perangkat ponsel dan paket komunikasinya secara terpisah (melalui distributor ponsel dan operator) dengan kerjasama ini kedua hal tersebut dapat diperoleh secara sekaligus. Hal ini juga akan memperkuat brand dari operator seluler yang tergabung dalam SingTel Group di mata pelanggan Samsung yang mayoritas merupakan kelas menengah dan atas.

SingTel merupakan adalah operator pertama di Asia Tenggara yang menawarkan direct carrier billing untuk Samsung Apps, dimana hal ini memungkinkan pelanggan pasca bayar untuk membeli aplikasi dari Samsung Apps tanpa kartu kredit. Selanjutnya inisiatif ini akan dilakukan di AIS (Thailand), Globe Telecom (Filipina) dan Telkomsel (Indonesia).

Pelanggan dari operator-operatos ini akan dapat membeli  aplikasi dan konten dari Samsung Apps hanya dengan menambahkan biaya ke tagihan atau memotong pulsa. Dengan direct carrier billing, pelanggan di pasar berkembang akan mempunyai alternatif pembayaran selian kartu kredit.
 
Anggota dari SingTel Group dan Samsung juga akan mendorong pertumbuhan ekosistem aplikasi. "Mobile App Development Sponsorship Programme” akan melakukan identifikasi terhadap start up yang inovatif di beberapa negara anggota SingTel Group dan membantu mereka untuk dapat diperkenalkan kepada para pelanggan di masing-masing negara tersebut.

Sementara itu, SingTel Group Digital L!fe dan Samsung akan menawarkan layanan mobile yang menarik secara langsung, tanpa mengharuskan pelanggan untuk mengunduh aplikasi tersebut. Aplikasi akan disesuaikan dengan kebutuhan dan konten yang relevan di negara yang dituju. Hal ini akan dilakukan di AIS (Thailand), Globe Telecom (Filipina), dan Telkomsel (Indonesia) dimulai dengan Samsung Galaxy S5.