Search
Rabu 24 Juli 2024
  • :
  • :

Inilah Strategi Telkom Kembangkan E-Health

MAJALAH ICT – Jakarta. Untuk mengembangkan layanan kesehatan elektronik (e-health), Divisi Solution Convergence Telkom menggandeng SundoGL, partner Telkom di Korea Selatan. Kerja sama ini meliputi pengembangan platform dan layanan e-Health di Indonesia.

Menurut Enterprise General Manager DSC, Achmad Sugiarto, Telkom menyambut baik kerjasama ini, dan diharapkan implementasi yang sudah bagus di Korea Selatan bisa diimplementasikan di Indonesia. "Dan tidak hanya berhenti disini, kerjasama bisa dikembangkan ke berbagai bidang,” ujarnya sebagaimana disampaikan melalui laman resmi Telkom.
 
Senada dengan Sugiarto, Country Manager SungDoGL, Kye Moosung, juga menyambut baik kerjasama ini dan mengatakan bahwa sudah 5 tahun dia mencari partner yang tepat untuk implementasi solusi aplikasi yang dia kembangkan. "Akhirnya kami menemukan partner yang tepat, yaitu Telkom Indonesia” ungkap Moosung.
 
Kerja sama DSC dengan SungdoGL dilatarbelakangi tujuan pembangunan yang tertuang dalam Millenium Development Goals (MDG), di mana 5 dari 8 goals MDG bersentuhan dengan kesehatan. Agar sasaran pembangunan itu tercapai, salah satu hal penting adalah tersedianya data kesehatan masyarakat. Untuk itu pemanfaatan teknologi informasi untuk mengelola data kesehatan masyarakat dan menjadi saluran layanan kesehatan masyarakat adalah solusi yang tepat.
 
Telkom Indonesia melalui DSC bermaksud mengembangkan platform dan layanan e-Health di Indonesia. Untuk itu salah satu tim GTP (Global Talent Program) DSC ditugaskan khusus untuk mencari solusi-solusi layanan eHealth dan peluang bisnisnya. Dimulai dari 27 November 2013, Tim GTP e-Health DSC berangkat ke Korea Selatan untuk mencari partner yang sesuai dengan kebutuhan solusi e-Health. Akhirnya mereka bertemu dengan SungdoGL yang memiliki solusi aplikasi e-Health.
 
Sebagai tahap awal dari kerjasama ini adalah pengembangan Portal TeleMedicine. Kerjasama ini tidak akan berhenti di Portal Telemedicine karena ke depannya akan digali potensi-potensi bisnis lain di bidang e-Health.