Search
Rabu 24 Juli 2024
  • :
  • :

Inilah Tips Memotret Saat Liburan Dengan Smartphone

""

MAJALAH ICT – Jakarta. Musim liburan telah tiba, maka sebagian besar keluarga pasti banyak yang meluangkan waktu berlibur ke tempat-tempat wisata. Sebagian diantaranya juga dipastikan suka memotret di saat liburan tersebut dengan ponsel pintar.

Nah, bagaimana sebenarnya rahasia memotret dengan ponsel pintar sata liburan agar nampak menarik? Fotografi perjalanan memang identik dengan kamera DSLR, padahal anda menggunakan ponsel pintar. Untuk smartphone memang terbatas hanya untuk kebutuhan sosial media, web, blog dan maksimal adalah majalah.

Adapun, tips nya adaah:

1. Belilah memory eksternal smartphone minimal 16GB atau sesuaikan dengan kapasitas maksimal memori smartphone anda. Memory external yang besar membuat kita tidak takut kehabisan memori ketika kita mendapatkan momen yang bagus saat Traveling.

2. Selalu gunakan LOW ISO di kamera Smartphone, ini juga sebagai tips untuk mencari ponsel pintar carilah yang bisa diset manual & iso rendah.
semakin rendah iso yang digunakan semakin halus dan bagus kualitas fotonya, ada kekurangan memakai low iso, yaitu kita harus mendapatkan cahaya yang cukup terang.

3. Set kualitas kamera smartphone ke paling tinggi / bagus, semakin besar pixel semakin bagus juga kualitas foto yang dihasilkan.

4. Tips untuk memotret kuliner, carilah lokasi tempat duduk yang dekat dengan jendela. karena biasanya cahaya dekat jendela itu terang untuk memotret tanpa flash..
kuliner merupakan salah satu bagian dari Travel Fotografi, usahakan memotret kuliner dengan cahaya alami dan hindari menggunakan flash agar tampak lebih natural.

5. memotret Traveling dengan Smartphone sangat rawan dengan guncangan dan shake, jangan terburu2 pada saat memotret. tunggulah beberapa detik sampai kamera di Smartphone kita sudah merekam gambar dengan sempurna.

Selain teknis diatas, seperti dikutip dari sebuahtips.blogspot.com, kita juga harus berani banyak mencoba angle dan memotret, apa saja yang harus diexplore. Carilah angle dan komposisi yang menarik untuk menambah dimensi dan keindahan fotonya.

Foto landscape paling baik diambil memakai Smartphone pada saat pagi hari dan sore hari, dimana cahaya tidak terlalu keras dan tidak terlalu over. Hindari memotret pada saat siang hari dan matahari tepat diatas kita, kalau sudah seperti ini bisa menggunakan bantuan flash internal.

Smartphone memiliki beberapa keterbatasan karena mereka belum memiliki sensor yang besar seperti DSLR. Bisa dibilang semua Smartphone memiliki masalah dengan kontras tinggi seperti matahari terbenam & foto low light. Untuk mengatasi masalah ini gunakanlah fitur HDR, atau kalau tidak ada anda bisa mendownload aplikasi yang mendukung HDR.