Search
Rabu 17 April 2024
  • :
  • :

Inilah Tips Menggunakan Smartphone Layar Sentuh

MAJALAH ICT – Jakarta. Gadget atau perangkat elektronik kini lebih banyak menggunakan teknologi layar sentuh, terutama smartphone. Teknologi layar sentuh memang memudahkan penggunanya untuk mengoperasikan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Namun, ponsel dengan layar sentuh sangat rentan terjadi kerusakan dan malfungsi. Jika Anda penggemar smartphone layar sentuh, simak beberapa tips agar gadget kesayangan Anda tidak cepat rusak

1. Jauhkan dari Sinar Matahari

Hindari paparan sinar matahari langsung karena akan merusak kualitas layar LCD. Maka dari itu, jangan biasakan mengoperasikan smartphone layar sentuh Anda saat siang hari di luar ruangan.

2. Jangan Taruh di Kantong Celana

Layar sentuh sangat rentan lecet, retak atau rusak. Anda harus berhati-hati saat membawanya ketika bepergian. Simpan selalu di smartphone case. Jangan tempatkan di kantong celana karena bisa membuat layarnya cepat rusak.

3. Gunakan Pelindung Layar

Untuk keamanan, Anda bisa menggunakan pelapis layar yang bisa melindungi ponsel dari terpaan sinar matahari maupun gesekan. Pelindung layar biasanya dalam bentuk plastik tipis.

4. Gunakan Jari yang Benar

Gunakan jari telunjuk Anda saat mengoperasikan layar sentuh. Jangan sekali-kali menggunakan kuku-kuku jari untuk menyentuh layar karena akan meninggalkan goresan dan mengurangi sensitivitas layarnya. Apabila ada debu atau kotoran, bersihkan menggunakan kain kering yang bersih dan bertekstur halus, lalu lap secara perlahan dan hati-hati.

5. Jangan Ditekan

Sentuh permukaan layar dengan hanya mengetuk ringan menggunakan jari. Jangan menekannya terlalu keras karena bisa merusak layar smartphone Anda.

6. Hindari Magnet

Jauhkan smartphone Anda dari benda-benda yang mengandung magnet seperti radio atau televisi. Radiasi dari magnet akan membuat layar tidak sensitif lagi terhadap sentuhan dan sulit dioperasikan.