Search
Rabu 12 Agustus 2020
  • :
  • :

Inmarsat Sukses Meluncurkan GX5 Next Generation Satellite

MAJALAH ICT – Jakarta. Inmarsat, pemimpin dunia dalam komunikasi satelit bergerak global, telah mengkonfirmasi keberhasilan peluncuran GX5, satelit kelima dalam armada Global Xpress (GX). Satelit itu diangkat ke orbit oleh kendaraan peluncuran Ariane 5 dari Kompleks Peluncuran Ariane No. 3 (ELA-3) di Kourou, Guyana Prancis. GX5 dijadwalkan untuk memasuki layanan komersial pada awal 2020 dan memberikan tambahan, kapasitas broadband terfokus di Eropa dan Timur Tengah.

“Saya senang mengkonfirmasi keberhasilan peluncuran GX5, langkah menarik berikutnya dalam kisah Global Xpress, yang telah menjadi standar emas broadband satelit seluler di seluruh dunia,” kata Rupert Pearce, CEO, Inmarsat. “Ini menandai peluncuran pertama dari delapan peluncuran dalam empat tahun mendatang yang akan menumbuhkan layanan terkemuka dunia kami untuk memenuhi permintaan yang berkembang pesat, menghubungkan orang-orang di seluruh dunia untuk mencapai potensi penuh mereka. GX5 juga akan terus memastikan bahwa ribuan pelanggan Global Xpress Inmarsat tetap menjadi yang terdepan dalam teknologi konektivitas global saat kebutuhan mereka berkembang.

“Terima kasih saya kepada tim di Inmarsat, serta mitra kami Thales Alenia Space dan Arianespace, atas upaya tanpa lelah mereka untuk mencapai tahap yang mengasyikkan ini.

“Kami sekarang beralih ke manuver GX5 ke dalam orbitnya dan melakukan tes yang diperlukan sebelum penyebarannya awal tahun depan, memberikan layanan broadband kecepatan tinggi tingkat berikutnya untuk pelanggan kami di Eropa dan Timur Tengah.”

Dengan fokus khusus pada wi-fi penumpang penerbangan, pasar maritim komersial dan memenuhi permintaan pemerintah yang meningkat, GX5 akan memberikan kapasitas yang lebih besar ke kawasan ini daripada empat satelit yang ada di jaringan Global Xpress (GX1-GX4) yang disediakan di seluruh dunia. Selama empat tahun ke depan, satelit baru ini akan bergabung dengan tujuh muatan GX lanjutan, yang merupakan peningkatan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam kapasitas dan kemampuan keseluruhan jaringan GX; jaringan broadband seluler tanpa batas pertama dan satu-satunya di dunia, tersedia secara global.

Satelit ini dibangun oleh Thales Alenia Space dan diluncurkan oleh Arianespace pada pukul 21.224 waktu Inggris pada hari Selasa 26 November 2019. Setelah pemisahan satelit dari roket pada pukul 21.58 waktu Inggris pada tanggal 26 November, telemetri berhasil diperoleh segera setelah pemisahan dan misi sedang berjalan menuju rencana.

Tim peluncuran dari Inmarsat dan Thales Alenia Space akan mengerahkan panel surya dan reflektor antena satelit setelah menaikkan orbitnya ke ketinggian geostasioner (sekitar 36.000 km di atas Bumi). Mereka kemudian akan melakukan pengujian dan kalibrasi yang ketat sebelum pesawat ruang angkasa memasuki layanan komersial.

GX adalah peluncuran layanan paling sukses dalam sejarah Inmarsat dan tetap menjadi satu-satunya layanan broadband ‘benar’ di dunia. Pengumuman terbaru perusahaan tentang GX7, 8 & 9 dan dua muatan Arktik, GX10a dan 10b, dikombinasikan dengan kesuksesan komersial berkelanjutan di sektor Maritim, Penerbangan, Pemerintah dan Perusahaan, telah memberikan dorongan baru untuk kisah sukses GX Inmarsat.

Dalam waktu kurang dari empat tahun, GX telah memantapkan dirinya sebagai tolok ukur untuk komunikasi yang andal di sektor yang paling cepat berkembang untuk konektivitas seluler. Tujuh muatan GX yang dijadwalkan untuk diluncurkan dalam empat tahun ke depan akan semakin memperluas kepemimpinan global Inmarsat dalam layanan broadband sejati, yang didukung oleh jaringan perusahaan teknologi, manufaktur, dan mitra saluran terkemuka dunia.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *