Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Instagram Tembus 200 Juta Pengguna, Berkat ‘Ibu Ani Effect’?

MAJALAH ICT – Jakarta. Pengguna Instagram kini kian berlipat-lipat jumlahnya. Sekarang, pengguna situs berbagi foto ini sudah menembus 200 juta pengguna. Demikian hal itu diungkapkan oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg. Menurut Mark, Jumlah tersebut naik dari 100 juta ketika Facebook membeli perusahaan hampir dua tahun yang lalu, dan 150 juta saat perusahaan memperbarui angka terakhir penggunanya kepada public enam bulan silam.

Disampaikan Mark, angka ini merupakan pertumbuhan sehat untuk Instagram yang terus berkembang mandiri sejak akuisisi Facebook. Kemandirian ini yang ingin ditularkan Mark kepada Oculus Rift, perusahaan yang baru diakuisisinya. Perusahaan yang telah banyak berinvestasi dalam mengembangkan perangkat lunak untuk perangkat mobile itu kini memiliki 1 miliar pengguna aktif aplikasi bulanan, naik dari 945 juta pada bulan Desember 2013.

Namun begitu, untuk Indonesia, Instagram tentu berutang budi pada Ibu Negara Ani Yudhoyono. Sebab, Ibu ani termasuk endorser Instagram, dengan foto-foto hasil bidikannya. Bahkan bukan cuma foto, diskusi menarik pun terjadi setelah Ibu Negara memasang foto, atau ada pengguna lain yang menanggapi foto yang ditampilkan Ibu Ani di Instagram.

Soal Instagram Ibu Negara memang jadi fenomena sendiri. Beberapa kali isu mencuat dan menjadi agak panas karena beberapa komentar yang menyentil keluar Presiden SBY, seperti Eddie Bhaskoro atau Ibas yang selalu di foto dengan baju lengan panjang maupun ketika SBY sekeluarga berbusana Batik saat berada di pinggir Pantai di kampung halaman SBY, Pacitan.

Ibu Ani sendiri saat ini memiliki 396 ribuan follower. Hampir semua aktivitas yang dijalani Ibu Ani, terekam lewat bidikan kameranya dan dipasang di Instaram. Terakhir saat Ibu ani ke Meda Sumatera Utara, foto penjual durian Ucok, pun ditampilkan di Instagramnya.