Search
Kamis 29 Juli 2021
  • :
  • :

Intelijen Amerika Serikat Sadap Pengguna Games Angry Birds

MAJALAH ICT – Jakarta. Penyadapan yang dilakukan National Security Agency (NSA) atau Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat, begitu menggurita ke mana-mana. Bahkan dari laporan terbaru bocoran yang disampaikan mantan kontraktor NSA, Edward Snowden, permainan Angry Birds yang begitu happening dan digemari di hampir seluruh dunia, tidak lepas dari pantauan NSA. Disebut-sebut NSA mengumpulkan data pemain games ini.

Penyadapan melalui games Angry Birds dilakukan NSA bersama mitra intelijennya asal Inggris, GCHQ,  secara rutin. Penyadapan dilakukan untuk mengumpulkan data personal pengguna dari game ini. tentu data yang ditambang bukan main-main besarnya. Pasalnya, permainan besutan Rovio Entertainment ini telah diunduh 1,7 miliar dan dimainkan oleh sebagian besar pengguna ponsel dan tablet di seluruh dunia.

Disebut Snowden, NSA dan mitranya telah mengumpulkan informasi pengguna dari aplikasi mobile lain sejak 2007 lalu. Pengumpulan data yang dilakukan meliputi pemetaan, gaming dan aplikasi sosial media. Dalam aksinya, NSA disebut-sebut menggunakan teknik yang sama dalam dengan cara memasuki trafik mobile Internet dan data pesan teks. Dalam wawancara Snowden menyebut ‘X Key Score’ sebagai one stop solution untuk mendapatkan data dari jaringan.

Dengan terbukanya penyadapan melalui permainan ini, sama artinya membantah pernyataan bahwa badan keamanan nasional AS tersebut hanya menyadap para teroris yang membhayakan keamanan nasional AS.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *