Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

ITU Sahkan Resolusi Peta Jalan 5G IMT-2020

MAJALAH ICT – Jakarta. Radiocommunication Assembly International Telecommunication Union (ITU) mengesahkan Resolusi yang menetapkan roadmap untuk pengembangan teknologi 5G dan istilah yang akan berlaku untuk itu adalah "IMT-2020". Keseluruhan "Visi" untuk sistem 5G, bersama dengan tujuan, proses dan waktu untuk perkembangannya, sekarang tersedia.

Persyaratan rincian kinerja teknis untuk sistem radio mendukung 5G akan dikembangkan dalam kerjasama erat dengan industri dan organisasi standar nasional dan regional, menyusul jadwal yang ketat didefinisikan oleh ITU.

"Resolusibaru  ITU-R menetapkan tahapan untuk pengembangan masa depan teknologi mobile 5G," kata Sekretaris Jenderal ITU, Houlin Zhao. "Visi untuk IMT-2020 dan seterusnya membuka pintu untuk inovasi yang akan menentukan bagaimana kita berkomunikasi di masa depan, memenuhi kecenderungan trafik data yang tinggi di Era Internet of Things," kata François Rancy, Direktur Biro Radio Komunikasi ITU. 

Komunikasi bergerak telah melihat perkembangan revolusioner dan pertumbuhan dalam beberapa tahun terakhir. Tuntutan baru, termasuk aplikasi yang memerlukan komunikasi data rate yang sangat tinggi, lebih banyak perangkat dengan beragam kebutuhan layanan, kualitas yang lebih baik dari pengalaman pengguna (QoE) dan keterjangkauan yang lebih baik, akan membutuhkan peningkatan jumlah solusi inovatif.

Latency rendah dan keandalan komunikasi yang tinggi, memunculkan respons seketika di satu klik, dianggap sebagai enabler untuk pengembangan masa depan aplikasi baru dalam perawatan kesehatan, keselamatan, bisnis, hiburan, dan sektor lainnya. Sistem nirkabel masa depan membayangkan komunikasi mesin-ke-mesin (M2M) komunikasi dan Internet of Things dengan aplikasi untuk layanan ditingkatkan ke mobile cloud, darurat dan repsons bencana, optimasi kontrol lalu lintas secara real time dan mobil tanpa pengemudi bersama dengan komunikasi industri yang efisien dan smart grid.

Spesifikasi 5G baru akan memfasilitasi tidak hanya infotainment aplikasi di pusat perbelanjaan dan di pertemuan publik yang besar, dimana sejumlah besar handset dan perangkat bisa digunakan bersamaan dalam situasi lalu lintas data yang tinggi, tetapi juga mendukung penggunaan profesional antara polisi, pemadam kebakaran dan layanan ambulans menggunakan jaringan komunikasi publik.

Perangkat pengguna akan telah meningkatkan kemampuan konsumsi media, seperti display Ultra-High Definition, proyeksi 3D mobile, immersive konferensi video, dan augmented reality dan dicampur menampilkan dan interface.

Menyadari bahwa masyarakat terhubung di tahun-tahun di luar tahun 2020 akan perlu untuk mengakomodasi pengalaman serupa untuk pengguna akhir terlepas dari apakah mereka berada di bergerak atau stasioner, standar 5G baru bertujuan mempertahankan layanan berkualitas tinggi dengan mobilitas tinggi, serta memungkinkan suksesnya penyebaran aplikasi pada platform bergerak, seperti di mobil atau kereta api berkecepatan tinggi.