Search
Rabu 17 April 2024
  • :
  • :

Jabodetabek Menuju TV Digital, Penggelaran LTE Dipercepat 2015

 

""

 

MAJALAH ICT – Jakarta. Pemerintah semula akan mengimplementasikan teknologi long term evolution (LTE) pada 2018.

Namun, hal itu bisa saja dipercepat menjadi 2015, terutama di pita 700 MHz seiring dengan rencana cut off televisi analog ke digital di Jabodetabek pada 2015.

"Sementara bisa regional dulu, cut off analog ke digital akan menyisakan frekuensi yang cukup lebar, sehingga bisa untuk lelang operator LTE di kawasan Jabodetabek,"tutur Muhammad Budi Setyawan dalam perbincangan eksklusif dengan Majalah ICT di ruang kerjanya, Kamis 21 Maret 2013.

Menurut dia, seperti hanya BWA yang regional, LTE juga bisa saja menggunakan metode yang sama. "Pita 700 MHz juga banyak diadopsi negara lain untuk LTE," tuturnya.

Adapun di pita lain, tambahnya, implementasi LTE menunggu proses penataan selesai. Di pita 2100 MHz, pemerintah menargetkan akan selesai enam bulan ke depan.

Pada pita 900 MHz, yang sudah dinetralkan teknologinya adalah Indosat berdasarkan pengajuan oermintaan, sedankan XL dan Telkomsel belum. Bila sudah netral semua, peluang menjadikannya sebagai LTE terbuka lebar.

"Pengajuan teknologi netral juga harus menyertakan komitmen pembangunan seperti halnya lisensi modern, jadi tidak asal mengajukan,"kata Budi.