Search
Rabu 26 Juni 2024
  • :
  • :

Jambore TI Tingkatkan Kompetensi Penyandang Disabilitas

MAJALAH ICT – Jakarta. Dalam penutupan  Jambore Teknologi Informasi di Ambon, Hasan Malawat mewakili Sekda Kabupaten Maluku mengatakan bahwa anak-anak penyandang disabilitas sudah melakukan hal yang terbaik dan diyakini bahwa anak penyandang disabilitas dapat pula menjadi subjek pembangunan dimana TIK memiliki peran besar sebagai katalisator. Kaum Disabilitas juga bukan kaum terbelakang akan tetapi dapat diubah menjadi terdepan dengan memberikan kesempatan dengan kemampuan yang ada.

Hasan Juga berharap bahwa bukan hanya berhenti sampai disini keberhasilan  anak-anak disabilitas  ,akan tetapi harus dikembangkan terlebih diberdayakan kemampuannya di bidang TI.

Peserta Jambore Teknologi Informasi , terdiri dari Maluku,   Maluku Utara khususnya dari kabupaten ternate dan Tobelo, Maluku Tengah, Seram Bagian Barat dari Papua,Manokwari,sorong dan jayapura.

Kompetisi jamboree TI ini terdiri dari  kategori perorangan dan kelompok dan hasilnya untuk Pemenang perorangan untuk kategori Microsoft word, sebagai Juara 1 adalah Darel Marotama dari Papua Barat,                 Juara 2 Wendi Rumatomia dari Maluku Utara dan Juara 3 Ilham Jaap Sutrisno dari Papua. Sementara untuk Pemenang perorangan untuk Kategori Microsoft Excel, sebagai Juara 1 adalah Udin Sudin dari Maluku Utara, Juara 2 Fransiskus Humbas dari Papua serta Juara 3 Zahwa Rossa dari papua Barat. Sementara untuk Pemenang perorangan untuk kategori E –Life Map, Andreas b Watimena dari Maluku sebagai Juara 1, Juara 2 Septian Sudriyanto Maluku Utara dan Juara 3 Welhelmus Maya Bubun dari Maluku.

Dalam kompetisi kelompok yang dilombakan adalah membuat Blog,membuat animasi menggunakan aplikasi Scratch, membuat poster serta membuat games dengan aplikasi scratch juga. Para pemenang juara 1 akan diundang ke Jakarta untuk merayakan Hari Disabilitas Nasional pada tanggal 3 Desember 2016.