Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Jaringan Indosat Siap Layani 59,7 Juta Pengguna Saat Lebaran

MAJALAH ICT – Jakarta. Jaringan telekomunikasi Indosat siap melayani 59,7 juta pelanggan di seluruh Indonesia selama musim mudik Lebaran 2014, terutama di berbagai jalur dan kantong pemudik di berbagai wilayah di Indonesia. Berbagai persiapan peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan telah dilakukan, termasuk dengan diimplementasikannya program Modernisasi Jaringan secara nasional.

"Kesiapan jaringan menghadapi musim mudik Lebaran ini merupakan bagian dari konsistensi dan komitmen kami memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan dalam menggunakan layanan Indosat dengan baik dan lancar di segala situasi. Kami menyadari bahwa inti silaturahmi dalam merayakan Lebaran adalah terjalinnya komunikasi yang baik dan lancar, dan dukungan telekomunikasi yang lancar akan membuat silaturahmi pelanggan kami semakin bermakna dalam merayakan Lebaran," demikian disampaikan Adrian Prasanto, Division Head Public Relations Indosat.

Indosat telah menyiapkan kapasitas jaringan untuk semua jenis layanannya khusus mengantisipasi potensi kenaikan trafik telekomunikasi selama musim Lebaran 2014. Untuk layanan voice/suara disiapkan kapasitas sebesar 1,08 milyar menit percakapan/hari atau 18 juta Erlang/hari. Untuk kapasitas layanan SMS disiapkan 1,45 milyar SMS/hari dan untuk kapasitas layanan data disiapkan 335 TeraByte/hari.

"Kami memperkirakan bahwa trafik telekomunikasi untuk ketiga layanan yaitu voice, SMS dan data akan naik seiring dengan puncak masa mudik Lebaran, dimana kenaikan trafik tertinggi kami perkirakan ada di layanan data, seiring dengan semakin meningkatnya tren penggunaan digital atau sosial media di kalangan masyarakat,” tambah Adrian. 

Untuk menjaga performansi jaringan telekomunikasi selama terjadinya kenaikan trafik telekomunikasi, Indosat mengoperasikan 2 sistem monitoring jaringan yaitu SNOC atau Single Network Operation Center dan Lebaran Command Center. Berlokasi di Serpong Tangerang dan telah beroperasi sejak 2004, SNOC berfungsi untuk pemantauan stabilitas dan kualitas seluruh jaringan Indosat secara terintegrasi, secara nasional memantau dengan cermat bila terjadi gangguan jaringan dan sinyal di wilayah seluruh Indonesia, untuk selanjutnya dieskalasi dan diselesaikan dengan cepat sehingga pelanggan tidak terganggu dalam menggunakan layanan Indosat.

Sementara itu Command Center merupakan pusat pemantauan performansi jaringan yang dibuat khusus dalam rangka musim mudik Lebaran, beroperasi dari H-3 s/d H+2 Lebaran. Command Centre beroperasi 24 jam penuh memantau dan mengontrol performansi  jaringan Lebaran selama musim mudik secara nasional, sehingga setiap gangguan sekecil apapun langsung terpantau dan tertangani dengan cepat serta terintegrasi.

Bersama dengan pemerintah, Indosat telah melakukan drive test di sepanjang jalur mudik yang dilakukan untuk jalur sepanjang Jakarta-Surabaya-Bandung-Jakarta dan jalur Jakarta-Merak-Bandar Lampung yang dilakukan pada 14-16 Juli 2014. Secara umum hasil drive test dan static test yang dilakukan di kedua jalur tersebut untuk kualitas jaringan Indosat telah memenuhi tolok ukur peraturan yang ada, baik untuk 2G, 3G dan FWA. Sebagai contoh adalah untuk drive test jalur Jakarta-Surabaya-Bandung-Jakarta, khususnya di jaringan selular 2G dan 3G, layanan suara/voice drive test (onnet) menghasilkan success call 98,83%, dan voice static (onnet dan offnet) menunjukkan succes call sebesar 99,41%. Untuk layanan SMS static (onnet) menunjukkan SMS delivered (< 3 min) sebesar 100% dan layanan data (data static HTTP transfer) menunjukkan HTTP download SR sebesar 100%.