Search
Selasa 21 Mei 2024
  • :
  • :

Jaringan Telkomsel Dipastikan Siap Sambut Pilpres

MAJALAH ICT – Jakarta. Operator seluler PT Telkomsel memastikan bahwa jaringannya siap dalam menyambut Pemilu Presiden 2014 pada 9 Juli 2014 ini. Pada hari H (pencoblosan) diprediksi layanan data akan naik sekitar 15-25 persen, SMS sekitar 10 persen-20 persen, sedangkan layanan suara naik sekitar 0-5 persen.

Menurut Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati, di Jakarta, kesiapan ini penting guna mendukung berbagai pihak dalam berkoordinasi, baik panitia Pemilu Presiden dan aparat keamanan selama masa pencoblosan dan penghitungan suara.

Dijelaskan Adita, secara umum, trafik komunikasi baik suara, SMS maupun data diprediksi akan mengalami peningkatan dibandingkan dengan hari normal di tahun 2014. Berbeda dengan pilpres pada tahun 2009 kenaikan terbesar adalah SMS sebesar 25 persen. Pada Pemilu Presiden 2014 data meningkat signifikan. 

Peningkatan juga terjadi hingga hari pertama setelah pencoblosan (H+1), dimana diperkirakan masih akan terjadi kenaikan sekitar di sisi data, antara lima persen-10 persen dibandingkan hari pencoblosan. Sedangkan SMS dan suara, kenaikan sekitar 0-lima persen. "Ini di antaranya disebabkan antusiasme masyarakat mencari berbagai informasi di internet maupun pertukaran informasi lewat social media," katanya.

Diungkap Adita, sejak masa kampanye Pemilu Presiden yang dimulai 4 Juni 2014, terjadi peningkatan trafik di jaringan Telkomsel, dibandingkan hari normal, layanan data naik sebesar 15 persen, SMS naik 10 persen dan layanan suara meningkat 5 persen. Kota yang trafiknya meningkat tertinggi adalah Bandung dan sekitarnya, sekitar 15-25 persen, disusul Surabaya dan sekitarnya, serta Jakarta dan sekitarnya, 10 persen-20 persen.