Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Jokowi: Penggunaan Satelit Sangat Penting untuk Komunikasi Daerah Terpencil dan Maritim

MAJALAH ICT – Jakarta. Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa penggunaan satelit bergerak merupakan hal yang penting, karena digunakan untuk membantu komunikasi daerah-daerah terpencil, pulau-pulau terpencil kita yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. 

“Dan juga membantu komunikasi maritim, membantu vessel monitoring system, membantu komunikasi pertahanan dan keamanan, membantu komunikasi dalam bencana untuk SAR misalnya,” kata Presiden Jokowi dalam Pengantar Rapat Terbatas mengenai Tindak Lanjut Penyelamatan Slot Orbit Satelit Geo 123 BT.

Jadi, lanjut Presiden, memang kegunaan satelit bergerak ini sangat besar dan kita harapkan, bahkan kemarin telah diputuskan bahwa slotnya harus kita ambil. “Tetapi saya ingin lebih detil lagi masalah anggaran, masalah biaya, sehingga apa yang sudah kita putuskan ini segera bisa ditindaklanjuti lagi,” ucap Presiden.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, di dunia ini hanya ada delapan slot satelit, dan salah satunya adalah Indonesia. Namun, pada awal tahun ada kejadian fuel-nya bocor, kemudian satelitnya jadi keluar orbit. Orbit itu harus segera diisi, kalau tidak diisi akan diambil oleh operator lain dari negara lain.

“Karena di dunia ini ada delapan dan ini sangat penting bagi kita, terutama bisa dimanfaatkan baik itu untuk bencana atau untuk eksplorasi di hutan, di laut, dan untuk monitor sistem aplikasinya bermacam-macam, maka diputuskan slot tersebut harus di secure dan tetap oleh Indonesia,” kata Rudiantara kepada wartawan di kantor Presiden, Jakarta.

Nantinya, kata Rudiantara, slot satelit itu bisa digunakan oleh pemerintah lintas sektoral apakah untuk Kementerian Kehutanan, Badan Keamanan Laut (Bakamla), BNPB dan lainnya.”Jadi kita punya satelit sendiri yang pada umumnya nantinya mayoritas untuk kegiatan pemerintah,” terangnya.