Search
Kamis 18 April 2024
  • :
  • :

Kakao Talk Jalin Kerja Sama dengan Telkomsel dan XL Nikmati Aplikasi Gratis

MAJALAH ICT – Kakao, penyedia aplikasi mobile messenger Kakao Talk, mengumumkan kerja sama dengan dua operator , Telkomsel dan XL. Dengan kerja sama ini, semua pelanggan Telkomsel dan XL di Indonesia dapat menikmati aplikasi-aplikasi Kakao dengan layanan internet 3G secara cuma-cuma. Tanpa berlangganan paket data tertentu, para pelanggan kedua operator dapat memanfaatkan seluruh aplikasi Kakao, termasuk KakaoTalk, KakaoStory, dan Kakao Game yang telah lama dinanti-nantikan itu.

Per hari ini, para penguna KakaoTalk di jaringan Telkomsel dapat menikmati aplikasi-aplikasi Kakao secara gratis dan tanpa batas selama 1 bulan hingga 10 Juni 2013. Adapun para pengguna KakaoTalk di jaringan XL akan mendapatkan paket data internet gratis hingga 25 MB per hari untuk semua aplikasi Kakao sampai dengan tanggal 10 Agustus 2013. Selama periode tersebut, baik pelanggan Telkomsel maupun XL dapat menikmati seluruh fitur KakaoTalk termasuk layanan populer group chatting (di Android, iOS, dan Blackberry) dan panggilan dan permainan gratis (di Android dan iPhone) tanpa terkena biaya data 3G. Untuk menjamin kuota data atau pulsa para pelanggan tidak terkena dampak, penggunaan data yang terkait dengan aplikasi Kakao akan diwhitelist oleh operator. Promosi ini hanya berlaku untuk penggunaan data saat menggunakan aplikasi, tidak untuk mengunduh atau memperbarui aplikasi.

Tentu jalinan kerja sama ini akan menarik apalagi mengingat Kakao Game, yang merupakan social games tersukses di Korea, diperkenalkan ke pasar Indonesia pada 2 Mei 2013. Dengan terhubung melalui Daftar Teman di KakaoTalk, para pemain Kakao Game dapat berbagi dan berkompetisi untuk meraih peringkat tertinggi di papan pemimpin skor (leader board) dengan para pengguna KakaoTalk lain untuk pengalaman bermain tanpa batas yang menyenangkan.

Sudah tersedia delapan Kakao Games di Android dan empat Kakao Games di iOS di Indonesia. Semua permainan tersebut dibuat oleh para pengembang pihak ketiga, sejalan dengan strategi Kakao untuk menciptakan ekosistem yang hadir bersamaan dengan para mitranya. Beberapa permainan tersedia dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris agar semua pengguna KakaoTalk di Indonesia dapat memanfaatkan waktu bermain mereka. Kakao akan menawarkan lebih banyak permainan beberapa minggu mendatang.

"Kami sangat gembira menyaksikan semakin meningkatnya kecintaan masyarakat Indonesia kepada aplikasi-aplikasi Kakao. Untuk meningkatkan antusiasme pengguna KakaoTalk, kami sangat senang dapat memperkenalkan Kakao Game yang merupakan social games tersukses di Korea.” ujar Kate Sohn, VP, Global Business Development Kakao Corp.

"Kakao memiliki teknologi dan platform yang telah terbukti dan kami akan terus memperkenalkan produk-produk baru dan bekerja sama dengan para mitra di Indonesia agar pengalaman dengan aplikasi-aplikasi Kakao semakin relevan bagi pengguna. Kali ini kami senang dapat bekerja sama dengan Telkomsel dan XL agar para pengguna di Indonesia dapat sepenuhnya menikmati aplikasi-aplikasi Kakao tanpa perlu mengkhawatirkan penggunaan data internet mereka. Harapan kami, promosi ini akan menjadi langkah awal yang baik untuk menambah jumlah pengguna internet 3G di Indonesia, sehingga mereka dapat memperoleh peluang untuk menikmati konten smartphone yang berkualitas dengan bebas biaya data,” tambah Kate.

Di Indonesia, pendekatan KakaoTalk kepada pengguna smartphone dilakukan melalui kerja sama dengan sejumlah mitra lokal untuk menambah konten Indonesia dalam produksi emotikon khusus. Kakao juga telah bekerja sama dengan sejumlah operator guna menyediakan paket data yang terjangkau dan mengoptimalkan produk untuk jaringan di Indonesia yang berkecepatan rendah. Selain itu, berkat perpaduan unik antara Korea dan cita rasa Indonesia, iklan televisi Kakao yang dibintangi oleh Sherina dan BIGBANG pada bulan April 2013, menghasilkan pertumbuhan fenomenal sebesar 3.000% dengan tambahan 120.000 pengguna terdaftar setiap hari.