Search
Kamis 18 April 2024
  • :
  • :

Kaleidoskop Digital 2022 – September: Kebocoran Data Marak, Menkominfo Suruh Masyarakat Jaga Data Masing-Masing

MAJALAH ICT – Jakarta. Maraknya kebocoran data mendapat tanggapan dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Menurut Menkominfo, masyarakat harus bisa menjaga data pribadi masing-masing.

“Harus ada tanggung jawab kita untuk jaga NIK kita sendiri,” kata Johnny. Ditambahkannya, masyarakat harus berhati-hati dalam menggunakan nomor induk kependudukan atau NIK untuk mencegah kebocoran data pribadi.

Dari kebocoran data, Menkominfo meminta semua pihak tidak saling salah-menyalahkan. “Tidak boleh hanya salah-salahan, tetapi harus dicari penyebabnya dan di mana,” kata Johnny. Masyarakat jangan menyalahkan pihak manapun, tetapi harus bisa menjaga dan mengontrol terkait data pribadi agar tidak dipakai orang selain diri sendiri, katanya.

Menurut Johnny, NIK hanya diberikan untuk keperluan yang benar-benar bisa dipercaya dan dibutuhkan. Kemudian, Johnny juga meminta masyarakat sering mengganti kata sandi atau password platform digital pada semua perangkat.

Dijelaskan Menkominfo, terkait data, secara khusus kita harus menjaga data di dalam negeri kita dan yang dibicarakan di DEWG (Digital Economy Working Group) adalah crossboarder-nya.