Search
Jumat 19 April 2024
  • :
  • :

Kaleidoskop ICT – April 2013: Indonesia Jadi Sumber Pendapatan Utama bagi Vendor Perangkat dan Ponsel Dunia

MAJALAH ICT – Jakarta. Setelah China dan India, Indonesia telah menjadi tujuan panas untuk vendor peralatan mobile seperti Ericsson, IBM, Nokia, Huawei, BlackBerry, Nokia Siemens dan lain-lain.

Berita di bulan April ini disampaikan Telecoms Lead Asia. Itu sebabnya CEO Ericsson Hans Vestberg baru-baru mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu dari 10 kontributor pendapatan utama serta pasar yang strategis dan penting bagi vendor telekomunikasi tersebut.

Bukan cuma bagi Ericsson, Telecom Lead Asia juga mengungkapkan bahwa Indonesia merupakan pasar yang signifikan untuk ponsel Nokia dan penyedia solusi mobile broadband Nokia Siemens Networks. Indonesia disebut-sebut sebagai negara ke-9 yang berkontribusi terhadap pendapatan.

Sementara itu, mengutip laporan dari BMI, disebutkan bahwa pasar telekomunikasi di Indonesia menawarkan  peluang pertumbuhan karena penduduknya besar dan muda dengan tingkat penetrasi broadband rendah.

Diperkirakan BMI, penetrasi seluler Indonesia akan menyentuh 173,5 persen, dengan hampir 444,8 juta pelanggan seluler dan 55 juta fixed-line dengan 21,6 persen penetrasi pada akhir 2017.