Search
Rabu 24 Juli 2024
  • :
  • :

Kaleidoskop ICT – April 2013: SBY Resmi Main Twitter Juga

MAJALAH ICT – Jakarta. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akhirnya resmi bergabung dan menggunakan microblogging Twitter. Dengan akun @SBYudhoyono, SBY mulai berkicau 13 April 2013 tepat pukul 19:25 WIB. Adapun kicauan pertama SBY adalah "Halo Indonesia. Saya bergabung ke dunia twitter untuk ikut berbagi sapa, pandangan dan inspirasi. Salam kenal. *SBY*," kicaunya. Dengan tanda *SBY* itu artinya, SBY langsung men-tweet sendiri, bukan oleh staf. Dari pantauan MAJALAH ICT, jumlah follower saat Presiden SBY pertama berkicau mencapai 167.106.

Adapun twit kedua dari SBY adalah mengenai kecelakaan Lion Air yang gagal mendarat di Bali, dan masuk ke laut. "Terhadap kecelakaan Lion Air di Bali, saya telah instruksikan Menhub untuk merawat yang luka dan melakukan investigasi. *SBY*," tulis SBY.

""Sebelumnya, akun resmi Istana Kepresidenan @IstanaRakyat mengumumkan bahwa akun Twitter SBY ini akan segera diluncurkan dalam beberapa jam ke depan dan menyatakan bahwa @SBYudhoyono adalah akun resmi. "Kalo mau tau silahkan follow @SBYudhoyono itulah akun resmi Presiden. Tweeps, sebentar lagi Presiden SBY akan launching Akun resmi twitter, kira-kira beberapa jam lagi lah," tulis @IstanaRakyat.

Hingga malam ini sudah ada 7 tweets dari Presiden SBY. Dan di antara kicauan SBY tersebut adalah balasan twit atas ucapan selamat yang disampaikan tokoh lainnya. 

Seperti Wapres Boediono. Lewat akun resmi @boediono, Wapres mengucapkan "Selamat sore Pak @SBYudhoyono Selamat datang di dunia Twitter". Kemudian kicauan Boediono lainnya, "Bapak @SBYudhoyono terima kasih sudah mem-follow akun saya. Senang dapat berbagi aspirasi dengan Bapak & seluruh saudara sebangsa dan setanah air," tulis Boediono. Kemudian, twit Boediono dijawab SBY, "@boediono terima kasih Pak Boed. Salam untuk keluarga. *SBY*," jawab kicauan SBY.

Sementara itu Ahli Hukum Tata Negara, Yusril Ihza Mahendra yang telah juga lebih dulu gabung ke Twitter, menulis "@SBYudhoyono selamat bermalam minggu juga Pak..Saya sedang bersama keluarga PBB di Pulau Buton, Sulteng," kata Yusril. Dibalas oleh SBY, "@Yusrilihza_MHd terima kasih Pak Yusril. Sukses selalu, salam untuk teman-teman, *SBY*," jawab SBY langsung.

Sedangkan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring menyambut kehadiran SBY di Twitter dengan tulisan "Selamat Datang di twitterland Pak Presiden @SBYudhoyono. Suara harpa di pesanggrahan, kepada bapak mohon arahan," tulis Tifatul sambil berpantun. Hal itu dijawab SBY dengan, "@tifsembiring Terima kasih Pak Tifatul, mari sama-sama kita perluas komunikasi dengan masyarakat *SBY*," mention SBY ke Tifatul.

Dari kicauan SBY yang pertama "Halo Indonesia. Saya bergabung ke dunia twitter untuk ikut berbagi sapa, pandangan dan inspirasi. Salam kenal. *SBY*", ini dikicaukan kembali oleh hampir 22 ribu orang. Sementara untuk kicauan kedua "Terhadap kecelakaan Lion Air di Bali, saya telah instruksikan Menhub untuk merawat yang luka dan melakukan investigasi. *SBY*", kicauan ini di re-tweet oleh lebih dari 8 ribu orang. 

Selain kicauan pertama, yang menarik untuk dilihat adalah siapakah orang-orang yang akun nya di-follow (diikuti) Presiden SBY? 

""

Ternyata, ada 9 orang yang akunnya diikuti SBY untuk pertama kali. Ke-9 orang dan akun itu adalah: Egir Rivki (@egirivki), seorang jurnalis dari Detikcom, kemudian Dipo (@diponagara), Adib Pranowo (@adibpranowo) dan tentunya adalah @Istana Rakyat. 

Yang juga di-follow SBY adalah akun anaknya Agus Yudhoyono (@agusyudhoyono), Edhie Baskoro Yudhoyono (@Edhie_Baskoro), kemudian para menantu, yaitu Aliya Rajasa (@aliyarajasa) dan  Annisa Pohan (@AnnisaPohan). Tak ketinggalan, adalah Wapres Budiono yang di-follow melalui akun resminya di @boediono.