Search
Rabu 24 Juli 2024
  • :
  • :

Kaleidoskop ICT – Desember 2013: Di 2014, BRTI akan Cek Kualitas Jaringan Operator di Jalur Kereta Api

MAJALAH ICT – Jakarta. Meski 2014 belum usai, dan lebaran masih lama, namun BRTI sudah ancang-ancang jauh agar layanan telekomunikasi pada Hari Raya Idul Fitri menjadi lebih berkualitas. Dan jika selama ini konsentrasi pengecekan kualitas layanan pada jalur mobil, maka tahun depan ditambahkan juga kualitas layanan yang lewat jalur kereta api.

Demikian disampaikan Anggota BRTI M. Ridwan Effendi. "Pengecekan jalur mudik jelang Lebaran yang selama ini hanya dilakukan pada jalur jalan raya, maka mulai tahun 2014, pengecekan akan ditambahkan pada jalur kereta api khususnya jalur Jakarta – Surabaya, Surabaya – Bandung, dan Bandung – Jakarta. Untuk itu para penyelenggara telekomunikasi diminta mengevaluasi kesiapan layanan sepanjang jalur tersebut. Agar supaya layanan dapat maksimal, perlu dipertimbangkan penyediaan indoor coverage di stasiun-stasiun besar apabila diperlukan, yang tentu saja diperlukan kerjasama dengan PT. Kereta Api Indonesia," kata Ridwan.

Dengan jauh hari disampaikan pada para operator ini, lanjut Ridwan, diharapkan operator sudah menyiapkan anggaran untuk meningkatkan kualitas dan mengecek jalur yang selama ini belum dicek karena lebih fokus ke jalan raya. "Mereka harus sediakan capital expenditure (capex) untuk pembangunan di jalur kereta api dan MRT," ujar Ridwan.

Selain jalur kereta api, BRTI juga menekankan perlunya persiapan operator untuk juga memberikan layanan telekomunikasi di jalur MRT yang saat ini sedang dalam pengerjaan, seperti di Jakarta. "BRTI meminta semua operator untuk mempersiapkan penyediaan layanan telekomunikasi di jalur atau terowongan bawah tanah untuk menjaga ketersambungan dan juga untuk meningkatkan kualitas layanan," pungkas Ridwan.