Search
Sabtu 22 Februari 2020
  • :
  • :

Kaleidoskop ICT Desember 2019 – Dirut TVRI Helmy Yahya Dinonaktifkan oleh Dewan Pengawas

MAJALAH ICT – Jakarta. Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI Helmy Yahya yang dinonaktifkan oleh Dewan Pengawas. Hal itu diketahui dari Surat Keputusan nomor 3 tahun 2019 mengenai penonaktifan sementara dan penunjukkan pelaksana tugas dirut LPP TVRI periode 2017-2022.

Dalam surat yang didapatkan, disebutkan bahwa meski dinonaktifkan, Helmy Yahya tetap mendapat penghasilan sebagai Dirut LPP TVRI.

“Pertama menonaktifkan saudara Helmy Yahya sebagai Direktur Utama Lembaga Penyiaran Televisi Republik Indonesia. Kedua, selama dinonaktifkan, yang bersangkutan tetap mendapatkan penghasilan sebagai direktur utama LPP TVRI,” demikian bunyi surat keputusan.

Sebagai pengganti Helmy, menjadi keputusan item ketiga, dewan pengawas menunjuk Supriyono duduk sebagai Direktur Teknik LPP TVRI sebagai pelaksana tugas harian Direktur Utama LPP TVRI. SK tersebut ditanda tangani pada 4 Desember 2019 oleh Ketua Dewas LPP TVRI, Arief Hidayat Thamrin.

Helmy Yahya, M.PA, Ak. lahir di Indralaya, 6 Maret 1963. Helmy adalah seorang pembawa acara televisi. Dia juga dikenal sebagai Raja Kuis Indonesia setelah Ani Sumadi karena banyak menelurkan baik kuis-kuis lokal rancangannya bersama tim. Kuis-kuis adaptasi dari luar negeri yang ditayangkan di televisi-televisi Indonesia juga merupakan bagian dari sentuhan tangannya. Beberapa acara realitas dan acara-acara televisi lainnya juga kelolanya.

Helmy Yahya adalah adik kandung dari Tantowi Yahya. Di kancah politik, Helmy tidak seberuntung kakaknya. Setidaknya, Helmy telah 2 kali ikut dalam perhelatan pilkada. Dalam pilkada Provinsi Sumatra Selatan 2008 sebagai calon wakil gubernur, ia mengalami kekalahan. Dalam pilkada Kabupaten Ogan Ilir 2010, Helmy yang mencalonkan diri sebagai calon bupati dari PDI Perjuangan, juga belum mencapai hasil seperti yang diinginkannya.

Pada tahun 2009 dan 2010, ia mendirikan lembaga kursus Helmy Yahya Broadcasting Academy di Bandung, Surabaya, dan Jakarta.

Pada tanggal 29 November 2017, Helmy Yahya dilantik sebagai Direktur Utama TVRI periode 2017-2022.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *