Search
Selasa 16 April 2024
  • :
  • :

Kaleidoskop ICT – Juni 2013: Aplikasi Youtube dan Instagram Lokal bukugambar.com Dirilis

MAJALAH ICT – Jakarta. Satu lagi, aplikasi karya anak bangsa hadir di perangkat notebook, PC, dan tablet, bernama www.bukugambar.comyang memiliki server di dalam negeri sehingga akses diharapkan bisa lebih cepat dari aplikasi serupa buatan asing.

Menurut founder bukugambar.com, Heru Sutadi, platform lokal yang dikerjakan anak-anak bangsa negeri sendiri ini diharapkan dapat menjawab kegelisahan serbuan asing pada aplikasi dan konten lokal.

"Semoga bukugambar.com dapat menggantikan peran situs berbagi video, berbagi file maupun berbagi foto buatan asing yang ada selama ini. Melalui platform ini pengguna dapat menyimpan file video hingga 1 jam atau 1 GB," ujarnya.

Heru berharap masyarakat bisa mengganti kebiasaan lamanya menggunakan produk asing untuk membagi foto, video atau pun dokumen dan berpindah ke produk lokal.

Seperti diketahui, saat ini cukup banyak aplikasi asing untuk membagi foto, video, atau pun dokumen seperti Youtube, Instagram, dan Slideshare.

Heru juga mengungkapkan bahwa bukugambar.com memiliki akses lebih cepat karena server ada di Indonesia sehingga bisa menghemat miliaran rupiah dari pembayaran bandwidth internasional.

Bukugambar.com adalah platform aplikasi sharing video, foto, maupun dokumen yang dikumpulkan jadi satu. Heru mengaku platform aplikasi ini belum bekerja di ponsel pintar, hanya di PC, laptop, dan tablet.

"Kita tes pasar dulu, kalau sudah banyak peminat baru kami akan membuat platform untuk ponsel sehingga kemungkinan bisa ditanamkan di BlackBerry Application World atau Apple Application Store," tuturnya.