Search
Rabu 24 Juli 2024
  • :
  • :

Kaleidoskop ICT Maret – 2013 : LINE dan KakaoTalk Masuki Pasar Indonesia

MAJALAH ICT – Jakarta. LINE, besutan perusahaan internet terdepan di Korea NHN corporation, serius menggarap pasar Indonesia untuk aplikasi mobile messenger. Setelah hanya beriklan di internet melalui YouTube, di Maret tahun ini LINE akhirnya tampil lewat iklan di televisi nasional. Artis muda yang dikenal lewat Film "Perahu Kertas", Maudy Ayunda, digaet LINE menjadi modelnya.

Iklan TV berjudul "LINE-Love Story" yang rencananya akan aktif dikampanyekan mulai April mendatang, ternyata sudah muncul lebih cepat. Pada iklan  yang khusus dibuat untuk pasar Indonesia, digambarkan betapa para pengguna LINE dapat dengan mudah saling berbagi dan mengekspresikan perasaan menggunakan stiker, yang merupakan salah satu fitur LINE yang paling disukai. Dalam iklan TVnya, Maudy dengan pas memerankan seorang gadis yang ingin menarik hati seorang pria.

Maudy Ayunda, yang juga diangkat LINE sebagai LINE Official Exclusive Talent, mengatakan bahwa dirinya senang ditunjuka sebagai wajah untuk LINE. "Saya baru menggunakan LINE selama lima bulan dan saya sudah tidak dapat membayangkan hidup saya tanpa LINE. Memainkan permainan LINE dan menggunakan stiker benar-benar luar biasa. Saya sangat yakin dalam waktu dekat, LINE akan menjadi sebuah ikon budaya di antara para remaja di Indonesia,” kata Maudy berpromosi.

""Selain Maudy, LINE juga telah membuka 4 akun resmi bagi beberapa artis terkenal Indonesia lainnya seperti Noah, Nidji, Afgan Syahreza dan Bunga Citra Lestari. Bagi penggemar artis-artis tersebut yang menggunakan LINE dapat berinteraksi secara langsung dan mendapat informasi dari para selebriti ini.

Sebagaimana diketahui, LINE adalah aplikasi ponsel pintar yang memungkinkan para penggunanya untuk menikmati fasilitas telepon gratis dan saling bertukar pesan satu dengan lainnya baik secara nasional maupun internasional, tanpa hambatan jaringan operator penyedia layanan yang digunakan.

Diluncurkan pada Juni 2011 oleh NHN, LINE telah memiliki 110 juta pengguna di seluruh dunia. LINE juga telah menempati peringkat pertama di 41 negara untuk kategori aplikasi gratis, termasuk Jepang, Singapura, Hong Kong, Taiwan, Thailand, Malaysia, Makau, Saudi Arabia, Kuwait, Bahrain, Uni Emirat Arab, Qatar, Yordania, Israel, Swiss, Turki, Ukraina, Kamboja, Kazakhstan, Rusia, Belarusia dan Latvia. 

LINE memiliki berbagai fitur unik seperti ‘layanan terjemahan instan’, ‘Akun Resmi’ yang membuat para pengguna untuk dapat berinteraksi dengan para figur publik, ‘Timeline and Home’ untuk berbagi update terbaru dengan teman-teman, ‘ Shake it’, sebuah cara menarik untuk bertukar identitas dan ‘Emoji/Stickers/Emoticons.

Persaingan instant messaging bukan hanya pada aplikasinya saja, tapi juga bagaimana memasarkan aplikasi tersebut ke khalayak. Jika LINE menggaet artis pelantun "Perahu Kertas" Maudy Ayunda, Kakao Talk memilih mengajak Big Bang untuk serangkaian kegiatan promosi di seluruh Asia.

Kakao Talk, aplikasi pesan smartphone yang populer di Korea Selatan, akan memulai promosi pada akhir bulan Maret ini. Dan Indonesia, akan menjadi negara pertama yang dikunjungi.

""

Adapun alasan memilih Big Bang adalah karena K-Pop ini sangat terkenal di kedua negara, khususnya Indonesia. Big Bang pernah tampil di Indonesia sebagai bagian dari Big Bang Alive Galaxy Tour 2012 dan lebih dari 30.000 penggemar menghadiri konser 3 hari-nya. 

Tidak hanya membawa K-Pop Big Bang saja, artis lokal juga digaet Kakao Talk untuk berpromosi. Dan untuk Indonesia, artis Sherina Munaf yang diajak untuk berpromosi dan menjadi bintang iklan.

Perwakilan Kakao Talk mengungkapkan bahwa mereka akan memperluas pengguna dan mencari tahu bagaimana layanan Kakao Talk dapat memenuhi kebutuhan negara-negara lain. "Dan iklan ini akan menjadi batu loncatan untuk memperluas pengguna hingga ke seluruh dunia."