Search
Selasa 25 Juni 2024
  • :
  • :

Kementerian Kominfo akan Selenggarakan Sertifikasi Nasional Berbasis SKKNI

MAJALAH ICT – Jakarta. Pusat Pengembangan Profesi SDM Komunikasi Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo akan menyelenggarakan kegiatan Sertifikasi Nasional Berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Komunikasi untuk Angkatan Kerja Muda di tiga kota. Demikian disampaikan Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Noor Iza.

Dijelaskan Noor, tiga kota yang dimaksud adalah Surabaya (17-20 Januari 2017), Yogyakarta (18-21 Januari 2017) dan Semarang (24-27 Januari 2017). “Kegiatan sertifikasi ini akan diikuti oleh peserta masing masing sebanyak 75 orang di tiga kota tersebut dengan kualifikasi minimal lulusan SMK, D3, D4 dan S1 bidang komunikasi dengan konsentrasi studi Grafika/Desain Grafis atau multimedia yang saat ini belum bekerja dan tidak sedang melanjutkan pendidikan serta memenuhi persyaratan akademik,” jelas Noor Iza.

Ditambahkannya, syarat akademik yang harus dipenuhi meliputi lulusan SMK dengan nilai akhir rata-rata minimal 70 dari skala 100 (baik), Lulusan D3/D4/S1 dengan IPK minimal 3.00 dari skala 4.00 (baik). Sertifikasi Nasional Berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Komunikasi dilakukan sebagai upaya membantu perluasan kesempatan kerja dan peningkatan ketrampilan kerja bagi para pelajar dan mahasiswa. Kegitan ini akan diawali dengan penjelasan assessment oleh Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi TIK Indonesia dan dilanjutkan dengan review materi uji oleh Tim Asesor dari LSP TIK Indonesia,” tambah Noor Iza.

Melalui melalui Sertifikasi Nasional Berbasis SKKNI Bidang Komunikasi, diharapkan dapat memberikan pemahaman akan pentingnya SKKNI bagi pengembangan SDM dalam menghadapi era persaingan regional dan global.