Search
Rabu 24 Juli 2024
  • :
  • :

Kementerian Kominfo Bangun Inkubator Industri Kreatif di Yogyakarta

MAJALAH ICT – Jakarta. Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) RI menunjuk STMIK Amikom Yogyakarta untuk menjadi fasilitator inkubator industri kreatif berbasis teknologi informasi (TI) di Yogyakarta. 
Program ini bertujuan memfasilitasi bakat-bakat dari daerah, terutama bidang animasi yang terbentur kesulitan sarana belajar.

Menurut Kepala Seksi Pemberdayaan Industri Infrastruktur dan Layanan Aplikasi Informatika Kemenkominfo Maykada Harjono, fasilitas ini diharapkan mendukung penguatan industri kreatif Indonesia. Dan, katanya, fasilitas inkubator akan dibangun di semua provinsi.

“Kemenkominfo rencananya ingin membentuk di semua provinsi. Tetapi saat ini baru ada dua inkubator di Indonesia, yaitu di Bandung yang bekerja sama dengan PT Telkom dan di  Yogyakarta bekerja sama dengan Amikom,” jelasnya. Ditambahkannya, Bandung dan Yogyakarta dipilih karena ketersediaan SDM dan potensi masyarakat dalam industri kreatif.

Dijelaskan Maykada, pemilihan Amikom sebagai mitra program ini juga melihat dari ketersediaan SDM dan kemampuan pemasaran. “Selain dikenal sebagai kampus TI, Amikom juga punya reputasi baik dalam bidang kewirausahaan,” ungkapnya.

Maykada juga mengungkapkan, jika inkubator di Bandung telah meluluskan beberapa peserta inkubator yang sudah bisa mandiri, di Yogyakarta baru tahap pelatihan pelatihan untuk meningkatkan skill. “Karena baru tahun kemarin sosialisasinya,” ujar Maykada.

Saat ini, beberapa pelatihan sudah digelar seperti trik dan strategi penulisan naskah film untuk menembus pasar Hollywood ataupun pandangan baru dalam pembuatan game untuk iklan.