Search
Rabu 24 Juli 2024
  • :
  • :

Kementerian Kominfo-BP3TI akan Gelar Jurnalis Award 2013

MAJALAH ICT – Jakarta. Kementerian Komunikasi dan Informatika beserta Balai Penyelia dan Pengelolaan Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Kementerian Kominfo akan memberikan penghargaan berupa "Jurnalis Award 2013" bagi para jurnalis, sebagai mitra dalam menyampaikan isu strategis Program Kewajiban Pelayanan Umum/Universal  Service Obligation (KPU/USO).

"Media elektronik dan media cetak merupakan sarana vital dalam pelaksanaan sosialisasi kepada penyelenggara jasa layanan telekomunikasi dan informatika di Indonesia. Wartawan perlu mendapat rangsangan dalam membuat berita dari program-program pemerintah, salah satunya program KPU/USO," kata  Fitra Haris mewakili Kepala BP3 TI. 

Dijelaskan Haris, dalam rangka kampanye peningkatan partisipasi KPU/USO diharapkan para wartawan mampu mengangkat kebijakan pemerintah terkait dengan kontribusi KPU/USO  serta metode pengelolaannya. Apalagi, program KPU/USO begitu penting dalam pembangunan sektor telekomunikasi dan informatika di pedesaan dan pemenuhan hak-hak masyarakat Indonesia akan akses informasi.

Haris menambahkan, Pemerintah  melakukan pengelolaan dana KPU/USO yang diambil dari operator digunakan untuk penyediaan dan pembangunan fasilitas telekomunikasi dan informatika di daerah-daerah yang belum mendapatkan akses layanan telekomunikasi dan informatika. Dalam program KPU/USO dilakukan kerjasama antara pemerintah dan pihak ke tiga (penyedia jasa), dengan sistem kontrak penyelenggaraan selama 4 tahun. Setelah masa kontrak habis, maka alih tugas penyelenggaraan akses telekomunikasi dan internet diberikan kepada pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Kominfo Daerah.  

Dalam ajang Jurnalis Award 2013 terdapat  8 (delapan) kategori penghargaan yang akan diberikan masing-masing adalah media cetak koran nasional, media cetak koran daerah, media TV nasional, media TV daerah, media cetak majalah, media Radio, Media Online, Media Foto.

Menurut Haris, karya tulis yang dapat diikutsertakan dalam ajang ini adalah karya yang telah dipublikasikan antara bulan April hingga Juni 2013. BP3TI akan mengadakan Media Tour ke titik PLIK dan M-Plik di 4 provisi yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Lampung, dan Nusa Tenggara Barat.