Search
Selasa 16 April 2024
  • :
  • :

Kementerian Kominfo: Internet Indonesia Mati Total 2020

MAJALAH ICT – Jakarta. Internet di Indonesia diprediksi Kementerian Komunikasi dan Informatika akan mengalami mati total pada tahun 2020. Hal itu dikarenakan kapasistas bandwidth yang dialokasika sudah tidak memadai bila dibandingkan kebutuhan bandwidth pengguna.

Demikian prediksi Kementerian Komunikasi dan Informatika tersebut disampaikan Stah Ahli Menteri Kominfo bidang Komunikasi dan Media Massa, Henry Subiakto.

"Bisa-bisa enam tahun lagi internet di Indonesia mati kalau tidak dilakukan penataan," katanya saat berbicara dalam seminar bertajuk "Tata Kelola Internet dan Kebebasan Media Berbasis Internet" di Jakarta. Dijelaskan Henry, di 2020, Indonesia akan membutuhkan 1.750 MHz, sementara alokasi yang disediakan pemerintah hanya sebesar 650 MHz.

Karenanya, menurut Henry, mulai saat ini dibutuhkan penataan frekuensi dimana salah satunya dengan melakukan pengompresan penggunaan bandwidth oleh televisi yang menggunakan bandwidth 8 MHz. "Seharusnya 8 MHz ini bisa digunakan hingga 10 stasiun tv, bukan satu," ungkap Henry. Yang dimaksud Henry adalah perlunya analog TV migrasi ke digital TV, dan frekuensi yang tidak dipakai atau ditinggalkan TV analog dapat dipakai untuk meningkatkan layanan broadband yang dikenal dengan sebutan digital dividen.