Search
Rabu 24 Juli 2024
  • :
  • :

Kementerian Kominfo Kembali Gelar Kartini Next Generation

MAJALAH ICT – Jakarta. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk ketiga kalinya menyelenggarakan Kartini Next Generation (KNG) Awards 2014 yang mengambil tema “Woman as Agent of Change”. Ajang ini akan mencari perempuan – perempuan Indonesia yang telah memberikan kontribusi nyata terhadap perbaikan dalam bidangnya dari kondisi tertentu menjadi kondisi lebih baik yang bersifat terobosan, menghadapi tantangan, unik serta inovatif dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kiprah perempuan Indonesia ini bisa dari berbagai bidang seperti: ekonomi, pendidikan, seni dan budaya, kesehatan, lingkungan, pariwisata dan bidang-bidang lainnya.

Penjaringan peserta KNG Awards 2014 ini dimulai pada tanggal 1 Februari sampai dengan 16 Maret 2014 melalui situs kartininextgeneration.web.id. Setelah itu akan dilakukan proses seleksi dan penjurian untuk memilih pemenang yang akan diberi penghargaan pada acara puncak pada tanggal 23 April 2014. Pemilihan KNG Awards ini terbuka bagi seluruh perempuan Indonesia yang berusia 18 – 45 tahun.

Dalam penyelenggaraannya, Kemkominfo menggandeng beberapa organisasi masyarakat dan perusahaan-perusahaan yang siap mendukung KNG Awards 2014 ini. Diharapkan para pemenang KNG Awards 2014 dapat menjadi inspirasi bagi para perempuan Indonesia untuk dapat terus berkarya dan membawa perubahan positif di lingkungannya, sesuai dengan cita-cita pahlawan Indonesia, RA Kartini.

Sebelumnya, di 2013, acara "Kartini Next Generation Award 2013" awalnya didahului dengan seminar, jumpa pers dan terakhir berupa acara malam penganugerahan yang diberikan langsung oleh Menteri Kominfo Tifatul Sembiring. Setelah dilakukan evaluasi oleh tim juri terhadap 40 wanita yang mendaftarkan diri dan juga ada yang direkomendasikan oleh sejumlah pihak yang berkompeten.

Dan inilah daftar mereka yang mendapat penghargaan Kartini Nex Generation 2013:

No.

Kategori

Finalis

Pemenang

Keterangan

1.

Inspiring Woman in ICT for Education

Septi Peni Wulandari

Septi Peni Wulandari

seorang ibu yang bekerja secara professional di rumah dan mendidik dengan cara teleconference di lebih dari 20 titik di Indonesia

2.

Inspiring Woman in ICT for Entrepreneur

Stefanie Kurniadi

Mubarika Damaryanti

Rona Himmah

Stefanie Kurniadi

yang menggunakan sosial media untuk menggerakkan usahanya dan membangun komunitas Cerita Perut (www.ceritaperut.com, ataumelalui blog dan Twitter ). Kini komunitas Cerita Perut telah diikuti oleh 10.000 pencinta kuliner di seluruh Indonesia.

3.

Inspiring Woman in ICT for Creative Media

Marlin Sugama

Adiska Fardani

Adiska Fardani

telah berhasil menciptakan software pengukur popularitas bernama No Limits   (www.nolimitid.com ).

4.

Inspiring Woman in ICT for Community Development

Febrianti Alomeera

Nila Tanzil

Nila Tanzil

yang telah mendirikan Taman Bacaan Pelangi   (tamanbacaanpelangi. com ). Taman bacaan ini telah berhasil memberikan informasi untuk anak-anak yang membutuhkan di Indonesia Timur.

5.

Special Award for Inspiring Woman in ICT

Ambar Sari Dewi

Angkie Yudistia dan Aulia

Halimatussadiah

Angkie Yudistia dan Aulia Halimatussadiah

 

Angkie Yudhistia adalah wanita dengan keterbatasan pendengaran. Meski demikian, Angkie membuktikan bahwa keterbatasan tersebut bukanlah halangan untuk berkembang. Angkie juga dengan antusias menyelenggarakan program e-commerce untuk anak-anak dengan keterbatasan. Sedangkan Aulia Halimatus Sudiah adalah perintis self publishing di Nulis Buku www.nulisbuku.com). Melalui websitenya, Aulia mengajak komunitasnya yang berjumlah 20.000 orang untuk mempublikasikan buku secara on demand. Terdapat lebih dari 2.000 buku yang telah dipublikasikan oleh Nulis Buku.