Search
Kamis 18 April 2024
  • :
  • :

Kementerian Kominfo Luncurkan siMAYA

MAJALAH ICT – Jakarta. Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat e-Government telah mengembangkan Aplikasi Perkantoran yang diberi nama siMAYA. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh Kementerian, Lembaga maupun Pemerintah Daerah dengan cuma-cuma.

Aplikasi siMAYA dikembangkan berdasarkan Tata Naskah Dinas Elekronik yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (MENPAN) No. 6 Tahun 2011 mengenai Tata Naskah Dinas Elektronis di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Implementasi siMAYA sendiri dapat dilakukan melalui 2 metode, yaitu metode cloud computing dan metode non cloud computing. Metode cloud computing dapat dimanfaatkan oleh Kementerian, Lembaga maupun Pemerintah Daerah yang tidak mempunyai sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten untuk merawat infrastruktur dan tidak mempunyai anggaran yang cukup untuk pengadaan infrastruktur tempat siMAYA akan di install. Metode non cloud computingdapat dipilih oleh Kementerian, Lembaga ataupun Pemerintah Daerah yang infrastrukturnya sudah stabil dan mempunyai SDM yang kompeten untuk melakukan pemeliharaan infrastruktur dan aplikasi.
 
Bagi yang berminat Untuk melakukan implementasi siMAYA,  Kementerian, Lembaga maupun Pemerintah Daerah dapat memintanya dengan mengirim surat ke Direktorat e-Government, Kementerian Komunikasi dan Informatika.