Search
Selasa 16 Juli 2024
  • :
  • :

Kenalkan Koleksi Juara Lokal Jakarta, GoFood Kian Gencar Tingkatkan Eksistensi UMKM Kuliner Lokal ke Pelanggan

MAJALAH ICT – Jakarta. Gojek, unit bisnis on-demand service dari Grup GoTo, terus mewujudkan komitmennya menjadi mitra terbaik bagi pertumbuhan UMKM. Kali ini, Gojek melalui GoFood hadirkan inisiatif Koleksi Juara Lokal GoFood, kategori khusus di dalam aplikasi yang berisi kurasi menu-menu khas daerah guna mendorong visibilitas UMKM kuliner lokal ke jutaan pelanggan loyal GoFood.

Gede Manggala, Head of Regions & External Affairs Gojek menjelaskan “Berdasarkan data dari Kemenkop UKM RI, tercatat ada 20,76 juta UMKM yang bergabung ke platform digital per Desember 2022. Setelah masuk ke ekosistem digital, UMKM tetap membutuhkan dukungan dan ragam inovasi yang dapat membantu mereka mengembangkan usahanya. Selain dukungan dari sisi teknologi, Koleksi Juara Lokal GoFood menjadi salah satu wujud upaya Gojek melalui GoFood untuk terus mendorong UMKM kuliner lokal yang telah go digital agar tetap eksis, bahkan meningkatkan usahanya secara berkelanjutan.”

Inisiatif teranyar dari GoFood ini dapat memberikan peluang bagi UMKM kuliner lokal untuk lebih mudah ditemukan oleh para pelanggan. Ragam menu khas daerah yang hadir di Koleksi Juara Lokal GoFood telah dikurasi secara khusus berdasarkan rekomendasi hidangan khas, resto legendaris, hidden gem, dan favorit masyarakat setempat, serta UMKM kuliner lokal yang memiliki pertumbuhan bisnis positif dan memiliki potensi untuk terus berkembang.

“Melalui Koleksi Juara Lokal GoFood, kami ingin memberikan kesempatan dan visibilitas yang sama kepada UMKM kuliner lokal agar dapat menjangkau pelanggan secara lebih luas. Inisiatif ini pertama kali diluncurkan di Bali pada November 2022 bersamaan dengan perhelatan forum dunia yakni KTT G20. Kini, Koleksi Juara Lokal GoFood telah diperluas ke kota-kota lainnya, mulai dari Makassar, Medan, Balikpapan, Surabaya, Bandung dan Jabodetabek,” lanjut Gede.

Lebih lanjut, diketahui dari hasil riset Alvara Research Center pada 2022, bahwa makanan nusantara atau makanan daerah menjadi kategori makanan yang paling banyak dijual oleh UMKM Indonesia dengan proporsi mencapai 42,3% dari total responden yang diwawancarai. Hal ini juga yang mendorong Gojek untuk mengambil peran aktif dalam membantu kemajuan UMKM kuliner yang menjual menu-menu khas daerah.

Leonard Theosabrata, Direktur Utama SMESCO Indonesia turut menjelaskan “SMESCO dan GoFood memiliki visi yang sejalan untuk mendorong UMKM kuliner dapat naik kelas. Kami melihat bahwa inisiatif Koleksi Juara Lokal GoFood dapat mengangkat eksposur resto UMKM kuliner yang menjual menu-menu khas daerah secara maksimal di platform online. SMESCO Indonesia turut mengapresiasi Koleksi Juara Lokal GoFood sebagai salah satu inisiatif dari ekosistem Gojek untuk mendukung jutaan UMKM yang telah go digital makin bertumbuh secara berkelanjutan.”

Resto Juara Lokal Khas Jakarta Tumbuh Melesat bersama GoFood
Ayam Goreng Berkah Rachmat merupakan salah satu juara lokal di Jakarta yang masuk ke dalam Koleksi Juara Lokal GoFood. Berdiri sejak 1960-an, Ayam Goreng Berkah Rachmat dapat terus bertahan berkat menjaga cita rasa yang khas dari kualitas ayam goreng yang sama sekali tidak berubah sejak awal beroperasi.

Febry Setiawan, Pemilik Usaha Ayam Goreng Berkah Rachmat & Mitra Usaha GoFood menuturkan “Kunci eksistensi Ayam Goreng Berkah Rachmat selama lebih dari 60 tahun adalah pemilihan bahan baku yang baik, rasa yang khas dan harga yang kompetitif. Di era digital, kami harus terus adaptif untuk menjaga daya saing. Hal ini yang mendorong Ayam Goreng Berkah Rachmat bergabung dengan GoFood sejak 6 tahun lalu dan terbukti usaha kami makin berkembang, terlihat dari kenaikan omzet sebesar 5% – 10% tiap tahunnya. Bahkan, ketika pandemi melanda, 60% dari total penjualan kami berasal dari GoFood.”

“Selama bergabung dengan ekosistem Gojek, kami selalu mendapatkan solusi bisnis yang tepat sesuai kebutuhan kami. Ditambah lagi dengan masuknya Ayam Goreng Berkah Rachmat ke dalam Koleksi Juara Lokal GoFood, kami semakin bersyukur bisa mendapatkan eksposur yang lebih banyak ke pelanggan loyal GoFood,” tambah Febry.

Soto Betawi H. Ma’ruf, pelopor soto khas betawi yang menyajikan kuah soto berbahan dasar gabungan antara susu dan santan tanpa MSG juga masuk ke dalam Koleksi Juara Lokal GoFood. Mufti Maulana, Pemilik Usaha Soto Betawi H. Ma’ruf & Mitra Usaha GoFood menjelaskan “Sejak 1943, kami konsisten mempertahankan cita rasa otentik betawi dan pastinya tidak menutup diri terhadap perkembangan zaman. Kami turut bersyukur dan senang karena berkat bergabung bersama GoFood, usaha Soto Betawi H. Ma’ruf terus berkembang, bahkan omzet kami meningkat sebesar 30%. Kini, usaha kami bisa masuk ke dalam Koleksi Juara Lokal GoFood dan semakin mudah ditemukan oleh pelanggan.”

Hadirnya Koleksi Juara Lokal GoFood ini juga diharapkan dapat menjadi alternatif bagi pelanggan untuk menikmati kuliner khas daerahnya. Secara luring, resto bertanda logo Juara Lokal GoFood dapat pelanggan pesan juga melalui layanan GoFood. Untuk melihat koleksi ragam kuliner khas Jabodetabek, pelanggan GoFood juga dapat langsung mengakses link bit.ly/JuaraJabodetabek atau ketik “Juara Lokal” di kolom pencarian pada halaman utama aplikasi Gojek.