Search
Selasa 16 April 2024
  • :
  • :

Kepala BP3TI Belum akan Diganti atau Dinonaktifkan

MAJALAH ICT – Jakarta. Kementerian Komunikasi dan Informatika tetap tenang setelah Kepala Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Santoso Serad ditetapkan tersangka oleh Kejaksaan Agung (Kejagung). Posisi Kepala BP3TI hingga kini masih dipegangkan Santoso alias belum ada penggantian atau penonaktifan. 

Menurut Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kemenkominfo Gatos S Dewa Broto, masalah ini masih dirapatkan secara internal di Kominfo. "Akan dirapatkan di internal Kominfo dan akan diputuskan oleh pimpinan sesuai dengan ketentuan undang-undang kepegawaian yang berlaku," ujar Gatot.

Sebagaimana diketahui, Kejaksaan Agung telah menetapkan dua tersangka dugaan korupsi program MPLIk. dua tersangka itu adalah Kepala Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) dan pihak rekanan yang merupakan direktur dari PT MultiData Rencana Prima. Menindaklanjuti kasus tersebut, Kejaksaan akan segera memanggil Menteri Komunkasi dan Informatika serta jajarannya untuk diminta keterangan.

Sejak beberapa waktu lalu, Program Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) dan Mobile Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) memang jadi perbincangan. Banyak pihak mencium adanya aroma tidak optimalnya implementasi program yang sesungguhnya bermanfaat dalam mengentaskan rakyat Indonesia dari jurang kesenjangan digital, terutama bagi rakyat yang nun jauh di pedalaman sana, desa-desa terpencil, yang mungkin listrik pun belum mengalir.