Search
Selasa 21 Mei 2024
  • :
  • :

Ketika Kulkas, Mesin Cuci dan Oven LG Tersambung ke Internet

MAJALAH ICT – Jakarta. Komunikasi mesin ke mesin, machine-to-machine communication, nampaknya ke depan akan menjadi hal yang biasa dan berkembang. Setidaknya, fabrikan perangkat elektronik LG sudah memulainya. PErangkat elektronik LG, seperti mesin cuci, kulkas maupun oven kini sudah terkoneksi ke internet dan bisa berinteraksi dengan penggunanya.

LG sendiri menawakan produk elektronik terbarunya dengan "HomeChat”. Saat ini, setidaknya perangkat kulkas, mesin cuci, dan oven LG sudah tersambung ke internet melalui Wi-Fi maupun koneksi NFC (near field communication). Komunikasi dapat terjadi dengan menginstal aplikasi chat LINE di smartphone agar bisa berkomunikasi chatting dengan barang elektronik tersebut.

""Lalu keitimewaannya apa? Seperti kulkas buatan LG, kulkas ini bisa menginformasikan isi di dalam kulkas terus-menerus melalui foto yang dikirimkan ke ponsel pemiliknya. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa mendapat rujukan tentang keperluan makanan apa saja yang mesti mereka beli di swalayan.

Kulkas ini dilengkapi dengan kamera wide-angel yang bisa memantau seluruh ruang di dalam kulkas. Selain itu, di depan pintu kulkas, dilengkapi sebuah layar LCD yang berguna untuk melihat isi kulkas. Jadi pengguna tidak perlu membuka pintu, sekedar ingin mengecek isi kulkasnya.

Produk lainnya, mesin cuci, ini dapat dikendalikan dari luar rumah. Produk bernama LG Smart Washing Machine dapat mengirimkan informasi ke mesin cuci untuk mencucui sendiri. Bahkan saat penggguna jauh tidak berada di dalam rumah, sehingga cucian pun selesai, saat pemilknya tiba di rumah. Pengguna juga akan mendapatkan informasi terkini tentang proses mesin cuci cerdas itu bekerja.

Yang juga ditawarkan LG adalah LG Smart Lightwave Oven. Perangkat ini merupakan sebuah oven pintar yang bisa merekomendasikan resep tertentu ke pemiliknya, sesuai bahan makanan yang ada dan memang bisa dibuat melalui oven. Perangkat pun bisa secara otomatis mengatur suhu dan waktu saat memanggang makanan di dalamnya.

Saat ini, ketiga HomeChat beserta perangkat lunaknya itu baru bisa dijalankan sekaligus dipasarkan di Korea Selatan saja. Namun, LG berencana akan meemasarkan peralatan smart home ini ke pasar negara lain.