Search
Selasa 21 Mei 2024
  • :
  • :

Ketika RRI Pun Harus Mengikuti Perubahan Zaman, Hadirkan Streaming Lewat Ponsel

MAJALAH ICT- Jakarta. Perkembangan teknologi, mau tidak mau harus diikuti. Termasuk dalam hal bermedia. Jika sebelumnya media hanya bersifat cetak maupun elektronik berupa siaran, kini harus juga dapat dinikmati lewat media digital, termasuk siaran radio. Dan ini yang membuat Radio Republik Indonesia, sebagai Lembaga Penyiaran Publik, juga mengikuti perkembangan jaman dan hadir melalui aplikasi streaming lewat ponsel.

Dengan adanya aplikasi tersebut semua siaran dapat didengarkan ponsel yang berbasis Android dan IOS. Selain itu, dengan adanya aplikasi ini, semua siaran di seluruh Indonesia dapat didengarkan. Bahkan siaran tersebut dapat didengarkan di seluruh dunia.

Menurut Direktur Utama LPP RRI, Rosarita Niken Widiastuti, RRI kini juga bisa didengarkan dengan cara mengunduh terlebih dahulu aplikasi RRI Play di Playstore dan Appstore. Di dalam RRI Play ada 160 saluran RRI dari seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Selain itu, ada pula saluran khusus untuk musik klasik dan Channel 5 untuk anak muda. Belum cukup, RRI juga memberikan fitur radio bergambar lewat aplikasi yang sama. Dijelaskan Rosarita, pendanaan RRI sebenarnya kecil, tapi sebagai dirut RRI dan bagi seluruh angkasawan RRI, dana itu tidak menjadi soal. "Yang terpenting adalah kemauan untuk berbuat bagi bangsa dan negara. Kemudian juga kita semua kreatif, soalnya banyak yang mau bekerja sama dengan RRI," katanya.

Ditambahkannya, di tengah persaingan media-media baru, RRI bisa bertahan lantaran pendengar radio tersebut tidak hanya berada di kota-kota besar yang memiliki banyak akses informasi dan pilihan acara. Di daerah, RRI masih menjadi rujukan dan media utama. Selain itu, RRI juga menawarkan konten acara yang lekat dengan kehidupan sehari-hari. Kehadiran siaran ini menggunakan ponsel pintar bukan untuk menyaingi televisi, tapi hanya inovasi mengikuti perkembangan zaman.

"Kami harap untuk terus berinovasi untuk menjawab tantangan era digital yang sudah global. Itu untuk memajukan dan melanjutkan perjuangan para pendiri RRI," tandasnya di tengah perayaan ulang tahun RRI ke-69.