Search
Minggu 16 Juni 2024
  • :
  • :

Ketum Mastel: Harusnya Perubahan Biaya Interkoneksi Tidak Jadi Polemik

MAJALAH ICT – Jakarta. Ketua Umum Masyarakat Telematika Mastel Kristiono mengatakan, perubahan tarif interkoneksi yang diumumkan pemerintah bukanlah yang pertama kali. Dan dari perubahan sebelum-sebelumnya tidak ada polemik berarti karena hal ini merupakan proses biasa yang dilakukans etiap tahun.

Demikian dikatakan Kristiono disela jumpa pers perhelatan ICT Summit 2016 yang akan digelar di Jakarta Internasional Expo, Kemayoran Jakarta. "Ini bukan pertama kalinya perubahana tarif interkoneksi dilakukan. Interkoneksi itu setiap tiga tahun dilakukan perubahan dan tidak pernah ada polemik," ujarnya.

Menurut mantan Direktur Utama Telkom ini, setiap tahun secara reguler, penyesuaian interkoneksi diperlukan. Ada beberapa faktor perkembangan dari interkoneksi itu sendiri, termasuk luasnya coverage operator itu sendiri. "Oleh sebab itu, interkoneksi harus dilakukan adjusment setiap tahun," yakinnya.

Oleh sebab itu, tambah Kristiono, masalah interkoneksi ini dapat diselesaikan. "Dengan formula yang ada sekarang, sebetulnya data yang diperlukan untuk interkoneksi sudah jelas," pungkasnya.