Search
Senin 21 Oktober 2019
  • :
  • :

Kian Permudah Pengguna, Google Search Mungkinkan Pencarian Gunakan Screenshot

MAJALAH ICT – Jakarta. Google memungkinkan pencarian menggunakan tangkapan layar saat meluncurkan beta terbaru di Google 10.61. Dengan mengintegrasikan Lens ke fitur-fiturnya yang ada, fungsi screenshot sederhana sekarang dapat digunakan dalam fungsi pencarian.

Google memperkenalkan fitur terbarunya yang disebut “Smart Screenshot” di Google 10.61 beta terbaru. Fitur terbaru ini dilengkapi dengan opsi yang ditingkatkan yang disebut Lens yang ketika diaktifkan dapat membuka jalan yang lebih mudah dalam melakukan pencarian.

Fungsi Lensa dan “Screenshot Cerdas”

Fitur “Smart Screenshot” hadir dengan Google 10.61 beta terbaru dan secara otomatis diaktifkan. Sementara itu, Lens adalah opsi yang harus dipilih pengguna dari opsi untuk mendapatkan manfaat dari fungsinya.

“Layar Cerdas” adalah kombinasi dari dua fungsi aplikasi Google yang ada dan berfungsi cukup lama. “Screenshot Cerdas” menyatukan “Edit dan Bagikan Screenshot” yang mengungkapkan alat pemangkasan dan anotasi untuk tangkapan layar yang diambil melalui fungsi Pencarian dan fitur “Apa yang ada di layar saya” yang melacak aktivitas menonton pengguna saat ini untuk tujuan saran pencarian.

Di sisi lain, Lens melakukan optical character recognition (OCR) dan melakukan pencarian menyeluruh untuk item yang mirip secara visual. Sama seperti cara fungsi “Pencarian Layar”, “Menjelajahi dengan Lens” melakukan pencarian aplikasi pihak pertama secara visual.

Indikator Fungsi

Bilah lampu empat warna merek dagang Google muncul di bilah alat begitu pengguna mengambil tangkapan layar. Tombol pensil kemudian muncul di atas pratinjau tangkapan layar kecil di bagian bawah layar. Selain itu tombol pensil kemudian muncul opsi lain seperti “Bagikan”, “Lensa” dan “Telegram.”

Seperti yang dikatakan, tombol “Bagikan” memberi pengguna opsi untuk membagikan tangkapan layar yang diambil ke aplikasi lain dalam tab khusus Chrome atau aplikasi Google. Pilihan untuk mengedit sebelum berbagi tangkapan layar yang diambil tetap menjadi opsi yang tersedia bersama dengan opsi anotasi dan pemotongan. Memilih Lens di sisi lain memberi pengguna kenyamanan untuk mencari item yang secara visual mirip dengan tangkapan layar yang diambil sehingga membuat pencarian lebih mudah.

Agar pengguna dapat menikmati fungsi “Cuplikan Layar Cerdas”, mereka dapat langsung menuju ke daftar Play Store di Android dan gulir ke bawah ke bawah dan ikuti petunjuknya.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *