Search
Jumat 19 April 2024
  • :
  • :

Kiat Hadapi Akun Bermasalah di Twitter ala Tifatul Sembiring

MAJALAH ICT – Jakarta. Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring ternyata punya kiat tersendiri da;am menghadapi akun bermasalah di social media, khususnya twitter.
Menurut Tifatul, akun bermasalah berisi penipuan, pornografi, kekerasan atau penistaan suatu agama/blasphemy, harus dihadapi dengan bijak.

"Akun sejenis sejatinya sebuah keniscayaan & residu dari teknologi internet & maraknya socmed di tengah masyarakat kita," demikian kicauan Tifatul dalam @tifsembiring.

Menurut dia, akun sejenis tak akan "berkembang" jika kita dewasa menanggapinya, jangan panik dan emosional, karena itu bikin pembuatnya makin senang.

"Jangan mention akun bermaslah, krn itu promosi gratis. Bagi yg sudah follow, unfollow segera! Pakai fitur Reports as SPAM," tuturnya.

Tifatul melanjutkan, karena bersentuhan dengan ranah hukum, masyarakat diimbau melaporkan apabila ada informasi mengenai pemilik akun bermasalah tersebut jarena aparat pasti akan menindak.

Socmed, tambahnya, bisa latih kita jadi dewasa. "Tidak ‘bersumbu pendek’, kesucian agama tak berkurang karena hinaan. Dia menjaganya. Be calm," tuturnya.
Pesan Menkominfo, menggunakan socmed harus dewasa & jangan emosional agar tak mudah diadu domba. Domba saja gak mau di-adu-adu. "Ingat pesan bang rhoma. Eh."

"Silakan bersocmed dg #Bijak. Jika ada pemicu keresahan, aparat akan bergerak, diminta atau tdk. Kalau kita emosi, mereka untung," ungkapnya.

Tifatul menutup kicauannya dengan timeline: Yakin, lebih banyak user socmed yg mau saling hormat dr yg suka menghina. Penghina sejatinya sdg menghina dirinya sendiri."