Search
Jumat 18 September 2020
  • :
  • :

Kominfo: Anak Perlu Dilindungi dari Dampak Negatif Internet

MAJALAH ICT – Jakarta.  Kepala Pusat Litbang Literasi dan Profesi Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Gati Gayatri mengingatkan perlunya perlindungan perhatian khusus terhadap anak dalam memanfaatkan internet agar terhindar dari dampak negatif.

"Diperlukan pengawasan khusus bagi anak anak dalam memanfaatkan internet agar mereka mampu menggunakan internet secara benar dan efektif,” ungkap Gati Gayatri dalam kegiatan Peningkatan Literasi TIK  untuk kelompok organisasi Wanita (Ikatan Wanita  Pengusaha Indonesia, Gerakan Organisasi Wanita, PKK)  yang dikemas dalam bentuk Dialog Interaktif dan Workshop/Pelatihan Literasi TIK dengan tema  "Perlindungan anak dari Potensi Bahaya Internet".

Gati seperti dikutip dari laman resmi Kominfo juga mengaskan bahwa di Indonesia, kehadiran internet telah banyak memberikan manfaat positif bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat termasuk dalam meningkatkan berbagai kemudahan dalam menjalankan aktifitas diberbagai bidang kehidupan.

"Jika tidak dimanfaatkan secara cerdas, internet dapat merugikan penggunanya. Agar penggunanya dapat memperoleh manfaat dari internet terhindar dari dampak negatifnya, diperlukan kebijakan dan upaya pengawasan, khususnya terhadap anak-anak, dalam memanfaatkan Internet agar mereka mampu menggunakan internet secara benar dan efektif," katanya.

Ditambahkan Gati, untuk kepentingan perlindungan anak-anak khususnya, para orangtua perlu menyadari tentang bahaya yang dapat ditimbulkan dari penggunaan internet. "Wanita memiliki peran yang penting dalam membina dan mengawasi anak-anak dalam memanfaatkan teknologi Internet  sehingga dapat terhindar dari potensi bahaya internet," pungkasnya.

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *