Search
Jumat 19 April 2024
  • :
  • :

Kominfo Menghargai Rencana XL dan AXIS Merger

MAJALAH ICT – Jakarta. Kementerian Kominfo mengakui bahwa pihaknya sudah mendengar dan mengetahui rencana konsolidasi antara XL Axiata dan Axis Telekom Indonesia. Menurut Dirjen SDPPI M. Budi Setiawan saat diskusi bertajuk "Spirit Berbagi dan Mencari Keadilan di Industri" yang diadakan di Balai Kartini Jakarta., pihaknya telah menerima surat pengajuan penyatuan tersebut kepada Kementerian.

Bagi Pemerintah, kata Budi, konsolidasi yang bakal dilakukan XL dengan Axiata merupakan langkah yang bagus karena jumlah operator telekomunikasi saat ini masih sngat besar. "XL dan Axis sudah mengajukan rencana penyatuan kepada kami. Pemerintah tentu menghargai niat kedua perusahaan ini untuk merger," kata Budi.

Menurut Budi, konsolidasi memang pelru dilakukan sebab pada kenyataannya saat ini pun sejumlah operator kondisinya cukup memprihatinkan karena mengalami penurunan kinerja keuangan. Karena itu, Kementerian Kominfo dan BRTI mendorong jika ada operator yang melakukan merger atau akuisisi operator lainnya agar terjadi kompetisi yang lebih sehat. "Kita siapkan regulasi terkait dengan merger akuisisi seperti soal lisensi frekuensi yang ada pada operator. Selebihnya diserahkan kepada operator sendiri. Sementara untuk konsolidasi biarkan berjalan secara natural," ujarnya.

Ditambahkannya, di Indonesia ini, idealnya, jumlah operator hanya sekitar 4 perusahaan. "Idealnya operator itu jumlahnya hanya 4 perusahaan, yaitu tiga GSM dan satu operator CDMA sehingga lebih dapat menjamin kualitas layanan dan terjadinya pembanguanan infrastruktur berkelanjutan," ujar Budi.