Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Kominfo: TIK Berperan Besar dalam Pertumbuhan Ekonomi

MAJALAH ICT – Jakarta. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai sebuah teknologi memiliki  kariteristik dasar, yaitu tersebar luas, yang menyentuh kesemua sektor dan dapat dipergunakan dalam banyak bidang dan memenuhi bermacam kebutuhan sehingga kecepatan pertumbuhan teknologi dapat juga mendorong laju pertumbuhan ekonomi di berbagai sektor.

Demikian disampaikan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Aptika dan IKP, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Wiryanta. "Selain itu, meningkatnya seorang dengan waktu hal ini mampu mengurangi biaya bagi pengguna, kemudian menghasilkan inovasi, perkenalan pasar dan pengembangan produk baru atau proses itu sendiri," kata Wiryanta, dalam Seminar Peran Sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia, di Jakarta.

Menurutnya, TIK memiliki peran penting bagi masyarakat yang menjanjikan ekonomi untuk menempuh kepada leader dari kegiatan ekonomi keseluruhan dan ketiganya adalah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi itu sendiri. Diungkapkannya, kontribusi dari pada TIK bagi perekomian nasional pada tahun 2014 mengalami pertumbuhan seiring dengan dibangunnya infrastruktur dasar yang memberikan kontribusi sebesar 11 persen untuk perekomian nasional dan pada tahun sebelumnya menyumbang 10 persen. "Yang menjadi persoalan kontribusi TIK sebesar itu, adalah kontribusi di bidang jasa TIK dan juga tentunya berkontribusinya mendukung dalam konteks ini kepada pertumbuhan ekonomi. TIK sebagai pendukung untuk sektor-sektor lain dan yang juga mendorong pertumbuhan ekonomi," jelasnya.

Ditandaskan Wiryanta, dari seminar diharapkan masukan dari para narasumber  dari berbagai bidang keilmuan, sehingga nantinya regulasinya seperti apa dan fokus yang didorong seperti apa khususnya yang mendorong perekonomian nasional. "MIsalnya dari sudut pandang ahli ekonomi yang memberikan prespektif pertumbuhan ekonomi itu sendiri dan para narsum bid TIK yang tentunya berbeda dari sudut pandang sehingga menjadi satu kesatuan yang konfrenhensif sehingga dapat memyimpulkan bahwa TIK berperan dalam pertumbuhan ekonomi kita," katanya sebagaimana dikutip dalam laman resmi Kementerian Kominfo.