Search
Selasa 21 Mei 2024
  • :
  • :

Laksana Merger XL-AXIS, Ada Pihak yang Juga Ingin Batalkan Merger Facebook-WhatsApp

MAJALAH ICT – JAkarta. Begitu banyak pihak yang berhasrat membatalkan kesepatan merger XL Axiata dan AXIS Telekom Indonesia, dari DPR, operator hingga LSM. Dan hal yang sama juga tidak hanya terjadi di Indonesia saja pihak-pihak yang berhasrat menggagalkan rencana merger perusahaan, sebab hal yang sama juga terjadi dalam kasus akuisisi Facebook atas WhatsApp. Akuisisi Facebook atas WhatsApp senilai US$ 19 milyar atau sekitar Rp 223 triliun terancam bermasalah.

Seperti dilakukan Electronic Privacy Information Center (EPIC) dan Center for Digital Democracy (CDC) yang melayangkan keluhan kepada Federal Trade Commision (FTC) agar proses akuisisi tersebut diselidiki. Jika dalam kasus XL-AXIS yang menjadi senjata adalah alasan frekuensi, dalam kasus Facebook-WhatsApp Facebook dicurigai akan menggunakan semua data pengguna WhatsApp untuk kepentingan bisnisnya.  EPIC dan CDC berharap regulator Amerika Serikat tersebut agar aksi akuisisi itu dihentikan.

EPIC berharap jika FTC menyetujui akuisisi Facebook atas WhatsApp, harus dipastikan bahwa data pengguna WhatsApp tidak akan diakses oleh Facebook. Jika Facebook ketahuan menggunakan data WhatsApp, maka hal itu dianggap melanggar etika bisnis. 

Namun, baik Facebook maupun WhatsApp menegaskan bahwa keduanya tetap merupakan perusahaan independen. "Seperti yang telah kami katakan berulang kali, WhatsApp akan beroperasi sebagai perusahaan independen dan akan menghormati privasi dan keamanan pengguna," jawab Facebook.