Search
Rabu 26 Juni 2024
  • :
  • :

Lantik 4 Pejabat Tinggi Madya yang Dipilih Johnny G Plate, Mahfud MD Minta Tingkatkan Tata Kelola Kebijakan

MAJALAH ICT – Jakarta. Pelaksana Tugas (Plt.) Menteri Komunikasi dan Informatika, Moh. Mahfud MD melantik 4 (empat) Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Empat pejabat yang dilantik antara lain Wayan Toni Supriyanto, Arief Tri Hardiyanto, Mochamad Hadiyana, dan R. Wijaya Kusumawardhana yang masing-masing menempati posisi sebagai Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Inspektur Jenderal, Staf Ahli Bidang Teknologi, serta Staf Ahli Bidang Sosial, Ekonomi dan Budaya.

“Hari ini telah kita lantik bersama 4 (empat) orang pejabat untuk mengemban amanah pada posisi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya (JPT Madya) yang sudah lama kosong di lingkungan Kementerian Kominfo,” ujar Plt. Menkominfo Moh. Mahfud MD di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (23/05/2023).

Plt Menteri Moh. Mahfud MD berharap melalui pengukuhan ini, komitmen Kementerian Kominfo juga semakin kuat untuk mendorong reformasi manajemen yang lebih andal, berintegritas, serta akuntabel guna mewujudkan agenda transformasi digital yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan. Transformasi digital yang demikian diharapkan dapat membuka jalan konektivitas digital dan turut membawa terang cahaya teknologi hingga ke seluruh pelosok Nusantara.

“Perlu kembali digarisbawahi bahwa transformasi digital yang terus didorong oleh Kementerian Kominfo adalah suatu kebutuhan yang perlu kita kerjakan bersama, tidak hanya secara efektif dan efisen tetapi juga dengan profesionalisme dan akuntabilitas”, ungkapnya.

Sebelum dilantik, keempat orang pejabat ini telah melalui proses seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya yang berjalan sejak tanggal 26 Oktober 2022 lalu. Proses tersebut diawali dengan permintaan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang kemudian diumumkan pelaksanaan pengisian jabatan melalui seleksi secara terbuka dan kompetitif pada 10 November 2022 lalu.

Disamping itu, proses seleksi JPT Madya sendiri juga terdiri dari tahapan administrasi, penulisan makalah, asesmen, dan wawancara.

“Dalam melaksanakan seleksi JPT Madya, kami turut menggandeng Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Badan Intelijen Negara (BIN) untuk melihat rekam jejak calon. Rangkaian proses seleksi telah berakhir pada tanggal 17 April 2023 saat Menteri Komunikasi dan Informatika menyampaikan hasilnya kepada Presiden Republik Indonesia. Dari 33 orang calon yang mendaftar, akhirnya terpilih 4 orang yang dilantik bersama hari ini”, tutur Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 61/TPA Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Kominfo yang ditetapkan pada tanggal 15 Mei 2023.

Selain dihadiri oleh para pejabat dan perwakilan Kementerian Kominfo, pelantikan keempat pejabat Tinggi Madya pada hari ini turut disaksikan oleh pejabat dan perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Mahfud membantah pergantian ini ada kaitannya dengan kasus yang menjerat mantan Menkominfo Johnny G Plate yang belum ini ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi BTS 4G. Pergantian Eselon I sudah lama direncanakan sejak lama oleh Johnny G Plate sendiri.

“Pergantian Eselon I ini saya tinggal lanjutin. Yang mengganti memang Pak Plate. Bukan karena ada peristiwa ini (kasus korupsi BTS 4G) lalu diganti. Sudah diusulkan jauh sebelum ini dan saya tinggal melantik besok jam 11 atau jam 12,” ujar Mahfud saat menggelar konferensi pers di Kominfo.