Search
Minggu 16 Juni 2024
  • :
  • :

Layanan Berbagi Foto Panoramio akan Dimatikan Google

MAJALAH ICT – Jakarta. Panoramio, layanan berbagi foto berdasar lokasi besutan Google yang diluncurkan sejak tahun 2007, akan menampilkan gambar terakhir pada 4 November Untuk waktu yang lama, Google menggunakan Panoramio untuk menambah fiturnya layanan Google Maps dan Google Earth dengan citra crowdsourced. Sekarang perusahaan telah mengintegrasikan upload foto ke aplikasi Google Maps dan meluncurkan program Local Guides, Panoramio jelas bukan prioritas bagi perusahaan lagi.

Google sebelumnya mencoba untuk menutup layanan pada 2014. Pada saat itu, para penggunanya berhasil memohon pada perusahaan berbasis di Silicon Valley tersebut untuk tetap terbuka, tapi kali ini, keputusan tampaknya final.

"Hari ini, dengan alat meng-upload foto di Google Maps dan program Local Guides kami, kami menyediakan pilihan mudah bagi Anda untuk berbagi foto dengan komunitas yang aktif dan berkembang," tulis Google dalam email ke pengguna Panoramio. "Dengan demikian, kami telah memutuskan sekarang untuk menutup Panoramio."

Tahun lalu, ketika Google memutuskan untuk menjaga layanan melampaui tanggal penutupan aslinya, perusahaan mengatakan bahwa itu akan pergi "kembali ke papan gambar untuk bekerja pada solusi yang lebih terintegrasi yang mendukung Anda dan konten Anda langsung dalam Google Maps." Google mendorong pengguna Panoramio aktif untuk bergabung dengan program Local Guides dan untuk meng-upload foto langsung ke Google Maps.

Bagi pengguna yang telah menautkan akun Panoramio dan Google+, Google secara otomatis akan menyalin gambar mereka ke arsip Google Album (yang adalah layanan Google untuk men-download salinan gambar dari semua jenis pelayanan). Pengguna juga akan tetap dapat mengakses foto mereka di Panoramio selama satu tahun setelah 4 November.