Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Layanan FWA Dihapuskan, Siap-siap Semua Pengguna Ganti Nomor dan Ponsel

MAJALAH ICT – Jakarta. Pemerintah akan segera menghapuskan layanan fixed wilreless access yang ada frekuensi 800 MHz. Operator FWA akan ditingkatkan statusnya menjadi operator seluler. Dan karena juga akan ada perubahan teknologi ke arah GSM, pengguna FWA siap-siap harus mengganti nomor lamanya dan pndah ke nomor baru. Selain itu, untuk operator yang akan pindah menggunakan teknologi GSM, maka pengguna harus mengganti ponselnya.

Operator yang akan mengganti teknologinya, dipastikan adalah Telkom dengan produk Flexi dan Indosat dengan produk StarOne nya. Bagi pengguna kedua produk tersebut, maka pengguna siap-siap harus mengganti ponsel dari ponsel CDMA ke ponsel CDMA. Selain itu, penomoran yang mengikuti sistem penomoran berdasar geografis seperti nomor telepon rumah seperti untuk pengguna di Jakarta 021-ACDEFGHI maka akan berubah ke sistem penomoran mengikuti seluler dengan nomor 08ABCDEFGH. Tak ada lagi nomor geografis di depan yang digantikan dengan national destination code (NDC).

Perubahan penomoran juga akan diikuti oleh pengguna operator Bakrie Telecom, yang disebut-sebut bersama SmartFren akan bekerja sama membangun jaringan. Jika Bakrie Telecom merupakan operator FWA, SmartFren telah memiliki dua ijin, FWA dan seluler.

General Manager Prepaid Core Product Marketing PT. Telkomsel, Adhi Putranto, mengungkapkan bahwa perubahannya antara lain adalah pada nomor dan nama Flexi. Untuk penamaan, katanya, bisa saja berubah menjadi Kartu AS CDMA. "Namanya bisa saja menjadi As CDMA, tapi masih belum pasti karena kita juga terus berkomunikasi dengan pihak Telkom," katanya. Untuk nomor Flexi, tambahnya, nantinya juga akan ada perubahan. Meski begitu, ungkap Adhi, Telkomsel akan mempertahankan lima nomor di belakang.