Search
Selasa 25 Juni 2024
  • :
  • :

Ledakan Bom di Thailand, Facebook Aktifkan Fitur Safety Check

MAJALAH ICT – Jakarta. Serangkaian ledakan bom di kawasan wisata populer di Thailand yang telah menewaskan empat dan melukai sedikitnya 20 orang lainnya telah mendorong Facebook untuk mengaktifkan fitur safety check atau periksa keselamatan untuk membiarkan individu memberitahu teman-teman dan keluarga mereka bahwa mereka aman dan baik.

Fitur yang diperkenalkan oleh jaringan sosial ini pada tahun 2014, secara otomatis mengirimkan pemberitahuan kepada orang-orang di daerah dimana insiden besar telah terjadi menanyakan apakah mereka aman. Ketika pengguna mengkonfirmasi "Ya, aku aman" pembaruan tersebut dikirim ke orang lain tentang status saat bencana atau serangan teroris. Hal ini juga memungkinkan teman dan keluarga untuk mencari orang lain untuk memeriksa keselamatan mereka dan juga menandai teman-teman sebagai aman. Ini pertama kali digunakan setelah gempa Nepal pada tahun 2015.

Dua bom tersembunyi di pot tanaman pergi di daerah resor Hua Hin di Thailand Selatan pada tanggal 11 Agustus menewaskan seorang wanita dan melukai puluhan lainnya termasuk wisatawan. Berikutnya, dua bom meledak di tujuan wisata populer dari Pantai Patong di Phuket. Meskipun tidak ada korban jiwa dilaporkan, tiga bom lanjutan meledak di wilayah yang terpisah dari Trang, Surat Thani dan Hua Hin sekali lagi, menewaskan secara total tiga orang.