Search
Jumat 21 Juni 2024
  • :
  • :

Lembaga Sandi Negara Jadi Embrio Badan Siber Nasional

MAJALAH ICT – Jakarta. Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto memastikan badan cyber nasional akan segera dibentuk. Dan karena kebutuhan yang mendesak untuk membentuk lembaga ini, embrionya diambil dari lembaga sandi negara.

“‎Agar cepat, maka embrionya diambil dari lembaga sandi negara. Embrionya artinya organisasi dasarnya dari sana (Lemsaneg), lalu kita tata kembali, kita tambah personel, tambah perlengkapan,” kata Wiranto.

Menurut Wiranto, dengan adanya badan siber diharapkan mampu mewujudkan pelaksanaan pemilu menggunakan sistem e-voting. Badan ini tentu diharapkan mampu menanggulangi segala bentuk kecurangan ‎atau manipulasi yang terjadi dalam pemilu. “‎Kita harapkan pemilu pakai e-voting untuk hindarkan manipulasi. Suatu saat kita harapkan masuk ke sana,” harapnya.

Dan saat ini, terang Wiranto, pemerintah sudah mempersiapkan payung hukum untuk badan siber tersebut. “Setelah itu kita memilih personel yang mengawaki (badan cyber) itu. Badan siber itu sifatnya perlu dan mendesak,” tandas Wiranto.

Ditegaskannya juga, dengan adanya Basinas, hal itu tidak akan mematikan fungsi badan-badan siber yang sudah ada dalam sebuah lembaga sebelumnya, seperti di Kepolisian, Kementerian Pertahanan dan lainnya.