Search
Sabtu 13 Juli 2024
  • :
  • :

Lengkapnya Fasilitas Posko Telkom Group Peduli

MAJALAH ICT – Jakarta. Demi membantu masyarakat yang terkena bencana banjir, Telkom menyediakan berbagai fasilitas bantuan di Posko Telkom Group Peduli. Adapun fasilitas yang disediakan diantaranya layanan telekomunikasi suara dan internet, layanan kesehatan dan obat-obatan gratis, media center hingga monitoring pintu air. Keseluruhan ini sebagai wujud langkah antisipasi Telkom untuk meringankan beban korban bencana banjir.

Untuk layanan telekomunikasi, Telkom menyediakan layanan telepon lokal dan SLJJ. Hal ini dikarenakan banyaknya korban yang kehilangan alat telekomunikasi sehingga layanan telepon menjadi hal yang dibutuhkan korban banjir. Telkom juga menyediakan layanan charger gratis agar masyarakat dapat mengisi baterai handphone-nya.

Salah seorang korban bencana banjir di Kawasan Kampung Melayu sebagaimana dilansir dari laman resmi Telkom, mengatakan, "Layanan telepon yang disediakan di posko ini sangat membantu saya untuk berkomunikasi sehingga saya bisa memberitahukan kondisi saya dan keluarga kepada keluarga besar yang ada di luar Jakarta.”

Selain itu, terdapat pula layanan internet gratis melalui wifi dan modem yang dapat membantu korban bencana banjir untuk tetap bisa memperoleh akses internet di tengah banjir yang melanda. Layanan ini tersedia di Posko sekaligus berfungsi sebagai media center sehingga tidak hanya membantu korban bencana banjir tapi juga para jurnalis media yang harus stand by di lokasi banjir. "Adanya akses internet di media center posko ini telah memudahkan pekerjaan saya dalam mengirimkan berita ke redaktur karena saya harus selalu stand by di lokasi kejadian untuk menyampaikan update info terbaru,” ujar salah satu wartawan media cetak Jakarta yang ditemui di Posko Telkom Group Peduli.

Untuk hiburan bagi para korban banjir, Telkom menyediakan televisi dan layanan streaming Usee TV di posko. Mengingat banyak korban anak-anak di posko tersebut, hiburan televisi tentunya menjadi pilihan yang sangat baik bagi anak-anak untuk mengisi waktu selama di lokasi banjir. Hal ini dapat dilihat dari ramainya anak-anak yang menonton hiburan televisi di Posko Telkom Group Peduli. Selain itu, Telkom juga membuat aplikasi live streaming monitoring pintu air untuk mengetahui kondisi terbaru ketinggian air yang ada di pintu tersebut sehingga masyarakat bisa lebih siaga jika banjir mulai menghadang. 

Untuk layanan kesehatan, hingga 20 Januari 2014, Telkom telah melayani tidak kurang dari 180 pasien yang membutuhkan layanan kesehatan dan obat-obatan. Telkom melayani sekitar 93 pasien di Posko Kampung Melayu dan 91 pasien di Posko Otista. Kebanyakan korban bencana tersebut menderita penyakit infeksi saluran pernafasan, penyakit kulit, demam, sakit kepala dan diare. Semua tenaga medis (dokter jaga) disiapkan untuk selalu stand by di pos kesehatan agar bisa memberikan pertolongan pertama dengan cepat kepada korban bencana banjir.

Di Posko Otista, Telkom telah merujuk beberapa pasien ke Rumah Sakit Umum Daerah Budiasih karena diduga menderita penyakit demam berdarah dan ibu hamil yang keguguran. Sementara untuk posko di lokasi lainnya di Jakarta, Telkom memberikan asupan vitamin kepada korban bencana banjir khususnya anak-anak agar tetap fit di kondisi cuaca seperti saat ini.

Keseluruhan layanan telekomunikasi, kesehatan dan media center yang disediakan ini merupak wujud komitmen Telkom bagi masyarakat khususnya korban bencana banjir Jakarta. Telkom berharap bantuan ini dapat membantu dan meringkankan yang sedang dialami para korban.